Jangan Panik, Ini Beda Batuk Biasa & Batuk Terpapar Corona

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
24 March 2020 15:32
Jangan Panik, Ini Beda Batuk Biasa & Batuk Terpapar Corona
Jakarta, CNBC Indonesia - Salah satu gejala yang bisa mengindikasikan seseorang terinfeksi virus corona jenis baru atau Covid-19 adalah batuk. 

Para ahli telah menyebutkan bahwa gejala-gejala itu memiliki kemiripan dengan flu yang biasa terjadi diikuti demam, sakit kepala, termasuk batuk.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar dua pertiga pasien atau 67,7% pasien Covid-19 yang terinfeksi virus corona mengalami gejala batuk kering.

Di tengah wabah virus corona jenis baru seperti saat ini, penting mengetahui gejala-gejala virus corona, yang salah satunya adalah batuk. 

Dikutip dari Medical News Today, batuk yang terjadi pada penderita Covid-19 dan flu, batuk biasa sama-sama terjadi di waktu yang cukup sering, sepanjang mereka sakit dengan tingkat yang ringan.

Menurut WHO, sebagian besar penderita yang terinfeksi corona mengalami batuk kering terus menerus, sesak napas atau pneumonia, tetapi tidak disertai sakit tenggorokan. Meski begitu, tidak semua batuk kering atau berdahak merupakan gejala virus corona karena batuk kering bisa jadi tanda iritasi atau radang di tenggorokan.




Kendati penderita batuk kering tidak bisa disebut 100% penderita Covid-19, namun jenis batuk ini lebih berpotensi menjadi gejala Covid-19 daripada batuk basah yang menghasilkan dahak.

Berbeda dari gejala Covid-19, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), batuk biasa atau yang terjadi pada orang yang menderita influenza, sering kali terjadi secara tiba-tiba dan penderita akan sembuh dalam waktu relatif singkat, kurang dari 2 minggu.

Selain itu, batuk yang terjadi pada orang yang menderita flu akan disertai dengan pilek dan bersin-bersin. Hal tersebut tidak akan  terjadi pada penderita Covid-19.

Jadi, jika seseorang menunjukkan batuk disertai dengan pilek dan sebelum batuk dimulai dengan fase bersin, dimungkinkan ia terkena flu biasa.


[Gambas:Video CNBC]




(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading