Bill Gates hingga Jack Ma Sumbang Dana Bantu Korban Corona

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
17 March 2020 08:06
Persebaran penyakit COVID-19 atau virus corona semakin meluas.
Jakarta, CNBC Indonesia - Persebaran penyakit COVID-19 atau virus corona semakin meluas. Hingga kini sudah menjangkit 148 negara secara global.

Hal ini tentu mengkhawatirkan. Maka dari itu, sejumlah tokoh di seluruh dunia berbondong-bondong memberikan donasi kepada korban dari pandemi ini.




Siapa saja?

Bill Gates

Pendiri Microsoft Operation, Bill Gates juga memberikan perhatian khusus untuk persoalan ini. Bill Gates memberikan komitmen sumbangan hingga US$ 100 juta atau setara Rp 1,4 triliun.

Rinciannya, US$ 20 juta untuk WHO dan otoritas di Tiongkok, US$ 20 juta untuk operasi darurat di Afrika dan Asia Selatan. Sisanya US$ 60 juta dialokasikan untuk pengembangan vaksin serta perawatan lebih tepat.

Sejumlah Tokoh Sumbang Dana untuk Korban CoronaFoto: CNBC Make It


Sumbangan ini diberikan melalui Bill & Melinda Gates Foundation. Dana ini akan digunakan untuk meningkatkan upaya deteksi virus corona, isolasi dan perawatan, melindungi masyarakat yang berisiko dan mengembangkan vaksin serta perawatan dan diagnostik.

Jack Ma

Pendiri Alibaba Group, Jack Ma merealisasikan janjinya untuk mengirimkan sejumlah alat test kits dan marker untuk melawan penyakit COVID-19 ke Amerika Serikat (AS).

Ia mengirimkan 500.000 test kits untuk deteksi virus corona COVID-19 dan 1 juta masker ke AS. Sumbangan ini akan dikirimkan melalui lembaga nirlaba Jack Ma bernama Alibaba Foundation yang diterbangkan dari Shanghai. Lembaga ini juga menyalurkan sumbangan ke negara-negara yang terkena virus ini seperti Jepang, Italia, Iran dan Spanyol.

Sejumlah Tokoh Sumbang Dana untuk Korban CoronaFoto: REUTERS/Ruben Sprich


Donasi ini dikirimkan setelah AS mengalami penundaan pengecekan corona karena laboratorium kekurangan bahan.

Justin Bieber

Penyanyi asal Kanada, Justin Bieber, yang diketahui memberikan donasi kepada salah satu yayasan di China bernama Beijing Chun Miao Children Aid Foundation. Hal ini diketahui melalui video yang diunggah di akun Instagramnya beberapa waktu lalu.

Bieber menyumbang sebesar US$ 200 juta atau senilai Rp 2,8 miliar. Tak hanya donasi, Bieber juga memberikan dukungan doa dan moril untuk masyarakat China akibat pandemi ini. Sayangnya, akibat penyebaran virus corona, suami dari Hailey Rhode ini juga menunda perilisan album terbarunya di China.

Sejumlah Tokoh Sumbang Dana untuk Korban CoronaFoto: REUTERS/Mario Anzuoni


[Gambas:Video CNBC]



Beberapa Publik Figur di Korea Selatan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading