Serie A Sudah, Euro 2020 Jadi Korban Corona Berikutnya?

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
13 March 2020 10:40
Serie A Sudah, Euro 2020 Jadi Korban Corona Berikutnya?
Jakarta, CNBC Indonesia - Anggota UEFA akan mengadakan pertemuan segera, untuk membahas cara terbaik melanjutkan kompetisi klub domestik dan Eropa di tengah pandemi virus corona. Kemungkinan turnamen sepakbola Euro 2020 akan ditunda sampai musim panas mendatang.

Tokoh senior UEFA menginginkan Liga Champions dan Liga Eropa ditangguhkan mulai minggu depan, mengingat virus corona mulai memengaruhi sejumlah tim yang terlibat.

Pertemuan, yang akan diadakan melalui konferensi video, akan melihat 55 asosiasi anggota membahas masalah ini dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi Euro 2020, yang dijadwalkan akan dimulai pada 12 Juni 2020.


Dalam sejarahnya, Euro 2020 akan dimainkan di 12 kota berbeda di Eropa, dari Dublin hingga Baku dengan tempat play-off terakhir yang tersisa dan akan diputuskan pada akhir bulan ini.


"Mengingat perkembangan yang sedang berlangsung dalam penyebaran COVID-19 di seluruh Eropa dan analisis perubahan Organisasi Kesehatan Dunia, UEFA telah mengundang perwakilan dari 55 asosiasi anggotanya, bersama dengan dewan Eropa. Club Association dan Liga Eropa dan perwakilan FIFPro, akan menghadiri pertemuan melalui konferensi video pada hari Selasa 17 Maret untuk membahas tanggapan sepakbola Eropa terhadap wabah tersebut," kata UEFA dalam sebuah pernyataan.

Diskusi itu akan mencakup semua kompetisi domestik dan Eropa, termasuk UEFA EURO 2020. Komunikasi lebih lanjut akan dilakukan setelah pertemuan-pertemuan itu.

Dalam persiapan untuk pertemuan hari Selasa, UEFA akan menyusun sejumlah opsi untuk diberikan kepada setiap asosiasi.


Setiap opsi akan merinci sejumlah konsekuensi, terutama finansial, dengan opsi untuk menunda Kejuaraan sepak bola Eropa (Euro 2020) musim panas ini yang memberi liga domestik waktu untuk menyelesaikan kompetisi mereka selama musim panas.

Pilihan lain diharapkan termasuk hanya memiliki satu kaki untuk Liga Champions dan perempat final Liga Eropa dan semi final musim ini.

Meskipun dipahami bahwa tidak ada opsi yang terlarang, UEFA ingin agar semua liga diselesaikan untuk menentukan promosi, degradasi, yang merupakan juara dan yang memiliki kualifikasi untuk kompetisi klub Eropa di masa depan.

Penutupan total sepakbola Eropa musim panas ini adalah opsi yang paling tidak disukai, sementara badan pengelola Eropa masih membutuhkan klub dan asosiasi untuk menyetujui perubahan apa pun.

[Gambas:Video CNBC]


Babak 16 besar Liga Champions Manchester City dengan Real Madrid minggu depan telah ditunda.

"Keputusan untuk menunda pertandingan hari Selasa dibuat bersama dengan UEFA dan mengikuti konfirmasi bahwa pemain dari Real Madrid akan melakukan isolasi sendiri selama lima belas hari, setelah muncul bahwa seorang pemain dari tim bola basket klub dinyatakan positif COVID -19," tulis Manchester City dalam pernyataannya.

Informasi lebih lanjut mengenai tanggal penjadwalan ulang dan informasi tiket akan diinformasikan selanjutnya.

Juventus mengonfirmasi pada Rabu bahwa beknya, Daniele Rugani, telah dites dan positif terkena virus corona. Klub Italia ini akan bermain di Liga Champions pada hari Selasa, melawan Lyon di Turin.

Pertandingan persahabatan internasional Inggris melawan Denmark di Wembley pada Maret diperkirakan akan dibatalkan karena wabah corona, kata FA Denmark. Keputusan ini dikeluarkan FA Denmark setelah memutuskan untuk menghentikan semua kegiatan sepak bola di negara mereka hingga 29 Maret.

(wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading