3 Tips Warren Buffett Biar Investasi Aman Saat Heboh Corona

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
19 February 2020 19:33
Warren Buffett memberi 3 tips kunci investasi di tengah kondisi ekonomi yang menantang dengan adanya wabah corona
Jakarta, CNBC Indonesia - Perekonomian dunia sedang menghadapi tantangan hebat akibat wabah corona atau COVID-19. Ini tentunya menjadi ancaman bagi pertumbuhan ekonomi. Bapak investor, Warren Buffett, memberi saran untuk bertahan menjadi semakin relevan.

Dengan pengalamannya di dunia investasi selama puluhan tahun, Buffett tahu betul tentang situasi pasar dan cara menjaga ekonomi di jalur yang benar.

Berikut adalah saran yang diberikan Buffett agar saham tetap aman saat pasar gonjang-ganjing




Jangan Prediksi, Siapkan

"Memprediksi hujan tidak masuk hitungan, membangun bahtera tidak penting," kata Buffet.

Meskipun ramalannya suram, tidak ada yang tahu persis bagaimana pasar saham akan bereaksi. Saham-saham yang terkait dengan pariwisata telah jatuh dengan keras karena dampak yang terlihat pada bisnis mereka, tetapi ada perusahaan lain yang terus bertahan.

Khawatir apakah saham Anda akan terpengaruh atau tidak, itu tidak akan membuat segalanya lebih baik. Alih-alih, waktu kita lebih baik dihabiskan mengakses status keuangan perusahaan untuk melihat apakah perusahaan dapat selamat dari guncangan finansial.

Investor yang pintar juga dapat menyiapkan daftar singkat saham untuk dibeli dan siap menerkam jika ada peluang.



Bersiap kehilangan yang dimiliki

"Hanya ketika ombak padam, kamu menemukan siapa yang berenang dengan telanjang," papar dia.

Bisnis yang lemah dan kerentanan sering kali terekspos selama masa tekanan keuangan. Misalnya, konsentrasi aset pariwisata di Straco Holdings terpapar ketika akuariumnya terpaksa ditutup karena virus COVID-19.

Namun, ini bukan saatnya untuk takut dengan apa yang mungkin terjadi pada saham Anda. Alih-alih, ambil kesempatan untuk mencari tahu dan lebih memahami bahwa perusahaan dapat bertahan lebih baik daripada yang lain. Dengan sedikit keberuntungan, bisnis ketahanan ini bisa menjadi kandidat untuk daftar pantauan investasi Anda.



Tahu Apa yang Anda Tidak Tahu

"Yang penting bagi kebanyakan orang dalam berinvestasi bukanlah seberapa banyak yang mereka ketahui, melainkan seberapa realistis mereka mendefinisikan apa yang tidak mereka ketahui," ucap Buffet.

Mengetahui apa yang tidak Anda ketahui bisa lebih penting daripada mengetahui apa yang Anda ketahui.

Penurunan pasar bisa menyebabkan saham murah tetapi tidak setiap peluang layak untuk diinvestasikan. Anda harus mempertimbangkan apakah Anda benar-benar memahami bisnis dan yang terpenting apakah apa yang Anda beli akan berkontribusi pada tujuan keuangan Anda.

Tidak ada gunanya membeli saham hanya karena sudah jatuh. Beli karena Anda ingin memiliki bisnis dan bukan sebaliknya. Saat musim virus SARS itu sangat mempengaruhi industri penerbangan pada tahun 2003. Untungnya, pemulihan dari penurunan terjadi cepat, dan lebih cepat dari apa yang industri harapkan.

Tetapi tidak ada jaminan bahwa pemulihan yang sama akan terjadi hari ini.

Tetapi apakah pemulihan membutuhkan seperempat atau waktu lebih, seharusnya ini tidak terlalu menjadi masalah jika kita adalah investor untuk jangka panjang. Jika cakrawala waktu kita membentang 10 tahun ke depan, maka perhatian kita akan pada seperti bisnis saat ini dan akan menjadi satu dekade dari sekarang. Pada saat itu, virus COVID-19 seharusnya menjadi memori yang jauh.




(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading