Simak Nih, Ini Cara Cegah Virus Corona dari Choi Si Won

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
07 February 2020 13:37
Simak Nih, Ini Cara Cegah Virus Corona dari Choi Si Won
Jakarta, CNBC Indonesia - Salah satu anggota boyband Super Junior sekaligus Duta Besar Regional untuk UNICEF Asia Timur & Pasifik, Choi Siwon memberikan kiat-kiat cara mencegah virus corona atau 2019-nCoV yang kini sedang merebak.

Lewat postingan Instagram akun pribadinya @siwonchoi mengunggah sebuah foto dirinya sedang mencuci tangan bersama anak-anak di sebuah sekolah. Dalam postingan tersebut, terpampang tulisan "Menjadi juara dalam perang melawan coronavirus!".

Selain itu juga ada kutipan dari pria kelahiran 7 April 1986 ini soal pencegahan virus corona seperti berikut: "Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun. Tutupi hidung dan mulutmu saat batuk dan bersin dengan tisu atau bagian dalam sikumu. Jika kamu mengalami demam dan batuk, waspada lalu temui dokter."

"Bagaimana melindungi dirimu dari #coronavirus. Tetap sehat dan silahkan berbagi dengan kami! @unicef @unicef.eap @unicef_kr @unicef_thailand @unicef_vietnam @unicefmalaysia @uniceflaos," tulis @siwonchoi dalam keterangan unggahan tersebut.



[Gambas:Video CNBC]




Cara pencegahan yang dilakukan oleh Choi Siwon sepenuhnya benar. Beberapa ahli kesehatan termasuk dari Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng Mohammad Faqih, mengungkapkan bahwa pencegahan yang mungkin dilakukan kini adalah menerapkan pola hidup bersih dan sehat.



[Gambas:Instagram]





Menurut Daeng, yang paling efektif adalah membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih mengalir. Sabun yang dipakai pun harus mengandung antiseptik.


Direktur Utama PT Bio Farma, Honesti Basyir juga memberikan tips senada agar terhindar dari virus corona. Selain mengenakan menerapkan pola hidup bersih dan sehat dan menggunakan masker, ada sejumlah tips yang ampuh agar tidak terkena virus ini.


Pertama, kata dia, pastikan untuk tetap menjaga daya tahan tubuh tetap prima agar tidak terjangkit virus. Sebab menurut Honesti, korban virus virus corona rata-rata tidak memiliki stamina yang prima atau sedang turun.


Tak hanya itu, ia juga mengingatkan agar masyarakat selalu menerapkan pola hidup yang sehat agar tidak terpapar virus ini. Seperti langsung membersihkan diri dengan mencuci tangan sehabis memegang hewan, menghindari kontak orang yang punya penyakit pernafasan, serta makan makanan yang matang.




(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading