Internasional

Dijual Cepat! Pesawat Jet Presiden Meksiko

Lifestyle - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
21 January 2020 15:45
Dijual Cepat! Pesawat Jet Presiden Meksiko
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador baru-baru ini mengungkapkan rencananya untuk menjual pesawat jet kepresidenan Meksiko dengan cara raffle (undian). Rencana tersebut ditempuh karena sudah setahun lebih pesawat ini ditawarkan tapi tidak kunjung ada yang berminat.

Lopez Obrador berencana menjual 6 juta lembar tiket undian. Tiket itu dibanderol dengan harga US$ 25 (setara Rp 350 ribuan) per lembar.


Siapa saja yang menang undian, berhak membawa pulang pesawat Boeing 787 Dreamliner tersebut. Dari tiket undian diharapkan akan terkumpul dana hingga Rp 2,1 Triliun.


Rencana itu pun menjadi trending topic di Twitter Meksiko. Banyak warga Meksiko yang menanggapi rencana presidennya itu dengan nada bercanda.

Sebagian malah kebingungan seandainya menang undian. Dari tempat parkir pesawat hingga mau diapakan pesawat tersebut menjadi pertanyaan.

"Satu-satunya masalah ketika mendengar presiden akan raffle pesawatnya adalah, dimana aku akan memarkirkan pesawat itu?" cuit @alejandrokent.

"Kalau aku menang, pesawat ini mau diparkir dimana? (Ya di halaman rumah lah, di garasi tidak muat)," cuit @akelitta03

Ide-ide liar pun bermunculan soal bagaimana pesawat harus digunakan. Alih-alih menerbangkannya, ada yang ingin mengubahnya menjadi bar, ada pula yang akan menjadikannya sebagai restoran Taco.


Presiden Lopez Obrador sebelumnya banyak dikritik karena membeli pesawat kepresidenan terlalu besar dan mahal. Apalagi wilayah Meksiko bukan wilayah kepulauan.

Untuk wilayah terjauh, Presiden bisa menempuh waktu dua jam dengan pesawat komersil. Sementara daerah lainnya bisa menggunakan jalur darat.

Biaya untuk mengoperasikan pesawat jet ini tidaklah murah. Sebagai gambaran, biaya untuk mengoperasikan pesawat jet serupa mencapai US$ 1,5 juta (setara Rp 20,4 Miliar).


[Gambas:Video CNBC]





(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading