Dekade 2010-2019, Avengers: Endgame Jadi Film Tercuan!

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
29 December 2019 19:54
Berikut adalah 10 film terlaris pada dekade 2010-2019 menurut laman Screen Rant.
Jakarta, CNBC Indonesia - Hanya dalam hitungan hari, tahun 2019 akan segera berakhir. Berakhirnya tahun 2019 juga menjadi pertanda satu dekade sejak 2010 bakal tuntas pula.

Sepanjang dekade ini, Marvel Cinematic Universe memantapkan diri sebagai lokomotif utama industri film box office dunia. Akan tetapi, film-film yang diproduksi Disney pun tak kalah.

Namun, tahukah Anda film-film apa saja yang masuk ke dalam daftar 10 film terlaris sepanjang dekade ini? 

Berikut adalah perinciannya dari urutan ke-10 hingga urutan pertama seperti dilansir dari laman Screen Rant.


Harry Potter and The Deathly Hallows bagian kedua (US$ 1,341 miliar)

Sebelum MCU hadir, Harry Potter adalah seri film terlaris. Seperti kebanyakan film, bagian terakhir Harry Potter, yaitu Deathly Hallows bagian kedua terbukti sukses besar.

Film itu merupakan satu-satunya film Harry Potter yang meraup cuan sebanyak $ 1 miliar. Melihat angka-angka itu, tidaklah mengherankan jika Harry Potter membawa waralaba kembali lima tahun kemudian dengan seri prekuel Fantastic Beasts.

Black Panther (US$ 1,346 miliar)
Black Panther dirilis pada 2018. Film ini meninggalkan kesan mendalam dalam perkembangan budaya pop. Black Panther juga menjadi film hasil adaptasi komik pertama yang mendapatkan nominasi Best Picture di Oscar. Ia pun menjadi pilar terbaru Marvel dalam persaingan di industri film dunia.

Avengers: Age of Ultron (US$ 1,402 miliar)
Age of Ultron dirilis pada musim panas 2015. Ia merupakan sekuel Avengers yang lahir pada 2012. Age of Ultron juga membuktikan keseriusan MCU untuk menantang DC dalam persaingan film superhero di dunia.

Furious 7 (US$ 1,515 miliar)

Fast & Furious berkembang menjadi salah satu waralaba film paling populer yang pernah ada. Kebangkitan yang tidak mungkin dimulai pada 2011 melalui Fast Five. Film itu meraih pendapatan di atas US$ 200 juta di dalam negeri. 


Segalanya mencapai puncaknya dengan Furious 7. Film ini meraih rekor baru hanya 10 hari setelah dirilis. Tentu saja, kematian Paul Walker (yang meninggal pada tahun 2013) jelas merupakan faktor penting. Ini karena penggemar ingin melihat penampilan terakhir Paul.




The Avengers (US$ 1,518 miliar)
Beberapa waktu lalu, ada satu titik di mana Marvel Cinematic Universe dianggap terlalu ambisius untuk berhasil. Sejumlah kalangan menilai usaha MCU gagal, misalnya dalam film Thor dan Captain America: The First Avenger yang gagal untuk mencapai US$ 200 juta di dalam negeri.

Tetapi, keraguan yang tersisa ihwal MCU menghilang ketika The Avengers rilis dan menjadi film pertama dalam sejarah yang menghasilkan US$ 200 juta dalam satu pekan. The rest is history.

The Lion King (US$ 1,654 miliar) 

Seperti Beauty and the Beast dan Aladdin, The Lion King menjadi bukti bahwa remake Disney sebagian besar tidaklah buruk. Setidaknya dari sisi penghasilan, walaupun daya tariknya tak semenarik edisi pertama.

Dirilis pada musim panas 2019, The Lion King sukses meraup pendapatan di atas US$ 1 miliar. Ia menjadi satu dari lima film yang dirilis Disney tahun ini yang menghasilkan US$ 1 miliar secara global.

Jurassic World (US$ 1,670 miliar)
Setelah Jurassic Park III gagal lantaran hanya meraup US$ 368,7 juta di seluruh dunia, waralaba ini 'pergi' untuk sementara waktu. Namun, semua itu tidak sia-sia. Ini karena Jurassic World hadir dengan sederet keunggulannya dari sisi cerita hingga sinematografi. Raihan US$ 1,670 miliar adalah bukti konkret atas hal itu. 


Avengers: Infinity War (US$ 2,048 miliar)
Kekhawatiran MCU tidak bisa berhasil sudah lama hilang pada saat Infinity War tiba. Tentu, sebuah film yang menggabungkan semua pahlawan yang masih hidup adalah kunci box office. Cuan US$ 2,048 miliar menunjukkan besarnya antusiasme penonton di seluruh dunia. 


Star Wars: The Force Awakens (US$ 2,068 miliar)
Ketika Revenge of the Sith pertama kali diluncurkan pada tahun 2005, semua orang (termasuk George Lucas) mengira kisah Star Wars telah berakhir. Itulah sebabnya sangat mengejutkan ketika Disney membeli Lucasfilm pada 2012. Disney pun segera mulai mengerjakan film baru Star Wars.

The Force Awakens adalah film Star Wars pertama dalam 10 tahun. Perjudian itu tidaklah sia-sia karena berbuah raihan US$ 2,068 miliar.

Avengers: Endgame (US$ 2,797 miliar)

Dalam lima hari pertama, Endgame meraup US$ 1,2 miliar di seluruh dunia. Ini jelas bukan blockbuster biasa. Avengers: Endgame film dengan sinematografi yang diklaim belum pernah terjadi pada generasi-generasi sebelumnya. Tidaklah mengherankan ketika Endgame melampaui Avatar untuk menjadi film terlaris yang pernah ada.

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading