Internasional

Puluhan Artis India Turun ke Jalan Protes UU Ini

Lifestyle - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
20 December 2019 19:18
Puluhan Artis India Turun ke Jalan Protes UU Ini
Jakarta, CNBC Indonesia - UU Amandemen Kewarganegaraan masih menuai kontroversi di India. UU yang dituding 'anti Muslim' itu membuat protes terus bergulir di negara Bollywood.

Tak hanya warga, sejumlah artis juga turun ke jalan berdemo soal UU ini. Zubeen Garg, seorang Aktor India, bahkan menyanyikan salah satu lagu dengan semangat patriotik, untuk meminta UU ini dicabut.


Seperti banyak orang dari negara bagian Assam di India timur laut, ia marah dengan undang-undang kewarganegaraan baru pemerintah nasionalis Hindu. UU ini akan memudahkan imigran non-Muslim dari Afghanistan, Bangladesh dan Pakistan yang menetap di India sebelum 2015 untuk mendapatkan kewarganegaraan India.


"Saya memiliki suara yang seirama dengan orang-orang," katanya sebagaimana dilansir Reuters. Jumat (20/12/2019).

"Saya akan terus bernyanyi di forum publik sampai pemerintah menarik hukum itu."

Selain Garg, sekitar 40 tokoh Assam yang berasal dari dunia seni, termasuk aktor, penulis, dan penyair, juga datang untuk menyampaikan keberatan.

"Kami akan kalah jika kami tidak turun ke jalan setiap hari," ujar Barsha Rani, aktor di Assam, yang bekerja di lebih dari 30 film.


UU Amandemen Kewarganegaraan pertama kali diperkenalkan di parlemen pada Juli 2016. Ini mengubah UU Kewarganegaraan 1955 dengan menjadikan agama sebagai dasar kewarganegaraan.

Salah satu isi UU yaitu tawaran kewarganegaraan kepada imigran non-Muslim dari Pakistan, Bangladesh, dan Afghanistan jika mereka menghadapi presekusi agama.

Saat ini telah ada sekitar 700 tokoh India, yang terdiri dari ahli hukum, akademisi, dan aktor, yang menandatangani pernyataan tegas untuk menolak UU tersebut.

Bukan hanya Assam, aksi protes telah terjadi di beberapa negara bagian seperti Tripura dan Benggala Barat. Demonstrasi juga terjadi di New Delhi.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading