Franka Makarim Bicara Soal Peran Wanita Dalam Ekonomi RI

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
05 December 2019 20:41
Istri Nadiem Makarim, Franka Makarim, bicara pentingnya peran wanita dalam pembangunan ekonomi suatu bangsa
Jakarta, CNBC Indonesia - Wanita seringkali dianggap hanya menjadi sosok pelengkap. Terlebih lagi adanya polapikir bahwa kaum hawa hanya sebatas bekerja di dapur, sumur, mengurus keluarga dan anak, sehingga pada akhirnya hal di luar itu menjadi tidak penting.

Franka F. Makarim selaku Co-Founder Tulola Designs menyebut bahwa hal tersebut masih bisa dihalau dalam hal partisipasi ekonomi, kesetaraan akses dan pendidikan.

"Menurut saya yang masih bisa dilakukan ada 2 bagian yang pertama bagaimana kita support wanita yang sudah bekerja. Serta kedua bagaimana mengubah mindset untuk generasi di masa mendatang melalui pendidikan agar mereke bisa berpikir luas," ujar Franka saat acara Media Gathering Indonesia Global Compact Network (IGCN) Bertajuk Bagaimana Pemberdayaan Perempuan Membawa Kontribusi Ekonomi dikawasan Jakarta Selatan, Kamis (5/12/2019).


Dia menuturkan karena bagaimanapun juga pendidikan membuat wanita dapat berpikir kritis terhadap sesuatu dari berbagai sudut pandang. Ini artinya mampu memutuskan segala sesuatu dengan pemikiran yang matang tanpa mudah terpengaruh oleh hal-hal yang negatif.



Tidak hanya itu, lewat pendidikan pula seorang wanita dapat menghapus segala bentuk diskriminasi yang selama ini telah membatasi mereka untuk dapat berkarya dan membantu finansial di masa depan. Serta berkesempatan mengangkat derajat orangtua maupun keluarganya. "Yang paling penting bagi saya keberhasilan pembangunan adalah mengikutsertakan wanita dalam penyusunan kebijakan publik.

Impact wanita dalam dunia pekerjaan baik sektor informal dan formal itu sangat mendorong kemajuan ekonomi," papar Franka. Ketika ditanya kemampuan dasar apa yang wajib dimiliki wanita, dia pun menjawab manajemen waktu. Mereka (wanita) harus bisa membagi waktu dengan baik antara keluarga dan pekerjaan.

Namun lagi-lagi yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana wanita didukung untuk role dan kapasitasnya. Dimana dukungan itu datang dari keluarga, pekerjaan dan juga pendidikan.


(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading