Istri Nadiem Makarim Buka Jasa Microfinance Khusus Perempuan

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
05 December 2019 20:02
Istri Nadiem Makarim Buka Jasa Microfinance Khusus Perempuan
Jakarta, CNBC Indonesia - Peran wanita sama besar-nya dengan pria. Para wanita kini berada di posisi strategis dan lebih produktif mempraktikkan pengembangan diri.

Franka F. MakarimĀ , istri dari Nadiem MakarimĀ dan juga selaku Co-Founder Tulola Designs sangat sadar akan hal ini. Menurutnya perempuan yang diberdayakan skill-nya membuka potensi bisnis kreatif. Hal itu, bagi Franka bisa saja untuk meningkatkan perekonomian keluarga dan berkontribusi untuk negara. Serta dalam pengembangan lingkungan.

Istri Nadiem Makarim Buka Jasa Microfinance Khusus PerempuanFoto: Franka Makarim (CNBC Indonesia/Lynda Hasibuan)



Untuk itu, Franka pun membuka layanan keuangan microfinance di perusahaannya. Layanan yang ditawarkan meliputi pinjaman modal dan penyediaan dana yang telah dilakukan tahun ini.

"Ini baru dimulai di tahun 2019 di semester ke-2. Dan itu sebenarnya karena demand dari produk nya sendiri semakin besar dan kami notice banyak wanita minta bantuan," ujar Franka saat acara Media Gathering Indonesia Global Compact Network (IGCN) Bertajuk Bagaimana Pemberdayaan Perempuan Membawa Kontribusi Ekonomi di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (5/12/2019).

Dia menuturkan karena demand yang tinggi akan barang sehingga demand untuk tim produksi juga tinggi. Dari hal tersebut Franka dan tim-nya sadar bahwa banyak wanita yang mengharapkan bantuan sehingga diciptakanlah microfinance dengan bunga yang kecil di bawah bank pada umumnya.

Layanan keuangan itu telah diberikan kepada beberapa karyawannya di Tulola Design. Hanya saja Franka belum mau menjelaskan jumlahnya namun Franka meyakinkan bahwa fokusnya untuk menyejahterahkan karyawannya yang menjadi orang tua tunggal.

"Kita sudah berikan kepada beberapa employee dan jumlah saya belum bisa share tapi kuota kami dalam masa penggodokan. Bagaimana kita bisa buat ini lebih besar lagi di tahun 2020 dengan support berbagai institusi," papar dia.

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading