Terbukti, Orang Indonesia Paling Doyan Belanja di ASEAN

Lifestyle - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
02 December 2019 17:21
Anggapan orang Indonesia sebagai orang yang doyan belanja memang tak salah, hal ini dibuktikan dalam riset DBS Group
Ternyata orang Indonesia akan lebih banyak membeli produk makanan dan minuman dalam kemasan. Apalagi pada tahun 2030 nanti.

“Kami memperkirakan pengeluaran untuk konsumsi [makanan dan minuman dalam kemasan] di tahun 2030 lebih dari dua kali lipat tahun 2018 mencapai US$ 232 miliar atau setara dengan ~Rp 3.250 triliun dengan asumsi kurs 14.000/USD dari sebelumnya US$ 107 miliar. Rata-rata pertumbuhan tahunan (CAGR) 6,7%” tulis laporan tersebut.

Lonjakan konsumsi makanan dan minuman dalam kemasan diakibatkan oleh pertumbuhan pendapatan, urbanisasi yang tinggi dan juga dampak substitusi bahan makanan dari sebelumnya berupa biji-bijian. 


Orang Indonesia juga diramalkan bakal membeli lebih banyak produk protein hewani yang mencakup ikan, telur, susu, daging, seafood dan produk ternak unggas. 

Pengeluaran orang Indonesia untuk produk protein hewani mencapai US$ 105 miliar atau setara dengan Rp 1.470 triliun. Jumlah tersebut hampir dua kali lipat dibandingkan pada 2018 yang mencapai US$ 56 miliar. Itu artinya konsumsi protein hewani orang Indonesia tiap tahunnya tumbuh 5,4%.
Benarkah Orang Indonesia Doyan Belanja? Ini BuktinSumber : DBS Group
Ke depan pengeluaran orang Indonesia yang dibelanjakan untuk makanan pokok dari biji-bijian porsinya akan turun menjadi 3,3% pada 2030. Begitu juga dengan porsi belanjaan orang Indonesia untuk pakaian yang turun 2,3% pada periode yang sama. 

Benarkah Orang Indonesia Doyan Belanja? Ini Buktin


TIM RISET CNBC INDONESIA (twg/twg)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading