Digugat Medina Zein Rp2 M, Irwansyah Cuma Ajak Tabayun

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
21 October 2019 10:53
Digugat Medina Zein Rp2 M, Irwansyah  Cuma Ajak Tabayun
Jakarta, CNBC Indonesia - Pebisnis muda Medina Zein melayangkan gugatan kepada rekan bisnisnya Irwansyah. Itu lantaran Irwansyah diduga melakukan penggelapan dana hingga Rp 2 miliar terhadap bisnis kue kekinian.

Kepada CNBC Indonesia, Medina pun mengatakan bahwa dia menaroh saham di bisnis kekinian milik Irwansyah di bawah PT Bandung Berkah Bersama pada 2017. Awal kerja sama, menurut Medina berlangsung lancar dan mendapatkan penghasilan sesuai kesepakatan.




Namun di tahun kedua (2018) sudah tidak ada pembagian profit. Medina menemukan informasi usahanya tersebut memiliki banyak utang. Hal ini membuat Medina menaruh curiga dan mengaudit keuangan usahanya.

Medina mengaku bahwa dia meletakkan dananya di 2 tempat yakni Pekanbaru Just Cake milik Melly Goeslow dan Bandung Makuta. Untuk Pekanbaru Just Cake, Medina mengaku bahwa itu sudah tutup dan dia mengikhlaskan.

Hanya saja pada toko kue Bandung Makuta, Medina mengaku tak mendapatkan profit pada tahun 2018. Dia pun berusaha mencari tahu apa yang terjadi namun pihak Irwansyah tidak berperilaku kooperatif.

"Jadi sebenarnya aku ada bisnis kue kekinian di 2 tempat yakni Pekanbaru Just Cake milik Melly Goeslow dan Bandung Makuta dengan brand ambassador Laudya Chyntia Bella. Untuk Pekanbaru memang tidak profit dan tutup aku ikhlaskan dan kalau Bandung itu masih buka tapi aku serahkan pada tim Irwansyah. Tahun pertama ada profit, tahun kedua ada kecurigaan kok tidak ada dividen," ujar Medina saat dihubungi CNBC Indonesia, Minggu (20/10/2019).

Medina menuturkan bahwa dia memiliki saham sekitar 20 persen pada Bandung Makuta. Dan posisi dia di dalam bisnis tersebut adalah sebagai komisaris.



Sampai pada akhirnya kecurigaan semakin memuncak ketika Medina mendapatkan laporan bahwa banyak karyawannya yang di PHK serta adanya tunggakan pajak selama satu tahun.

Melihat ada yang janggal Medina pun mencoba mengaudit sekitar Juni 2019. Dalam prosesnya, Medina agak kesulitan untuk mendapatkan data audit karena ada pemegang saham yang menolak permohonan audit sehingga tidak terlaksana.

Medina berusaha meminta penjelasan dari Irwansyah namun tidak ditanggapi dengan baik dan selalu menghindar. Saat di audit dengan data yang diterima ternyata ada aliran aneh yang tidak sesuai.

"Aku langsung datang ke Makuta dan whatsapp aku diread saja. Aku lumayan agak keras memintanya dan hanya rekening koran saja walaupun sebagian. Jadi hasil akhir audit banyak aliran aneh. Jadi menurut aku sebagai orang bisnis itu aneh dan Irwansyah tidak kooperatif," ungkap dia.

Lebih dari itu, ada kerugiaan yang hampir mencapai Rp 2 miliar yang diduga mengalir ke rekening Irwansyah dan perusahaan J-Corps (Jannah Corps) yang milik Irwansyah. Dimana hal itu tidak ada kaitannya dengan perusahaan PT Bandung Berkah Bersama (milik Medina dan Irwansyah).

Atas kasus ini, Zaskia Sungkar yang merupakan istri dari Irwansyah berusaha menjadi penengah dan meminta untuk berdamai. Namun lantaran kasus ini sudah sampai di jalur hukum Medina pun tetap melanjutkan kasus ini hingga kebenaran terungkap.

"Dia (Zaskia) bilang karena aku dendam pribadi yang jadi cikal bakal kasus ini padahal enggak ada sangkut pautnya. Aku seperti ini berdasarkan data dengan adanya aliran dana yang aneh. Zaskia juga sudah telpon aku minta tabayun tapi aku tetap lanjutkan ini karena sudah masuk jalur hukum," kata dia.

Digugat Medina Zein Rp2 M, Irwansyah  Cuma Ajak TabayunFoto: Infografis/ kue Artis, Dulu Viral Kini menghilang/Aristya Rahadian Krisabella


[Gambas:Video CNBC]

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading