Bukan Raffi Ahmad, Ini Selebgram dengan Tarif Termahal

Entrepreneur - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
19 October 2019 19:00
Bukan Raffi Ahmad, Ini Selebgram dengan Tarif Termahal Foto: Raffi Ahmad, Nagita Slavina dan Rafathar (Joko Supriyanto/detikHOT)
Jakarta, CNBC Indonesia - Aktor sekaligus selebgram Raffi Ahmad dikabarkan menjadi salah satu selebritas dengan tarif endorse tertinggi. Bahkan Raffi dan keluarganya juga menjadi salah satu selebritas yang paling laris diendorse.

CNBC Indonesia mendapatkan bocoran kisaran biaya untuk endorsement keluarga tersebut. Untuk harga paid promote sekitar Rp 20-27 juta untuk sehari (otomatis). Untuk Instagram foto yakni sekitar Rp 40-60 juta dan berjangka 1 bulan.

Sedangkan Instagram video yakni Rp 60-85 juta berjangka untuk 3 bulan. Sedangkan untuk Instagram live yakni Rp 100-175 juta hanya untuk durasi per 10 menit.


Lalu untuk Instagram TV sekitar yakni sekitar Rp 125 juta untuk 1 bulan dan durasi 10 menit. Tidak hanya platform Instagram, Raffi juga yakni membuka endorsement di Youtube nya yakni sekitar Rp 200 juta hingga Rp 250 juta untuk durasi 1 tahun.



Namun benarkah Raffi memecahkan tarif endorse termahal?

Berdasarkan HopperHQ, selebgram termahal di Indonesia adalah Raditya Dika. Dalam laporan 'Instagram Rich List 2019' yang dipublikasikan HopperHQ, Raditya Dika berada diperingkat ke-35 sebagai Selebgram dengan tarif endorse termahal di dunia. Raditya Dika menjadi satu-satunya selebgram yang masuk dalam daftar ini, dengan 13,29 juta follower..

HopperHQ memperkirakan tarif endorse Raditya Dika mencapai US$ 83.600 atau setara Rp 1,16 miliar (asumsi US$ 1 = Rp 14.000) sekali posting.

Asal tahu saja, Raditya Dika awalnya dikenal sebagai penulis buku dan stand up comedian. Setelah itu, dia mengembangkan sayap sebagai YouTuber, dengan jumlah subscribers mencapai 7,45 juta.

Untuk Asia, Raditya Dika berada di urutan ke-3 sebagai selebgram dengan tarif termahal. Peringkat pertama diduduki artis asal India Priyanka Chopra. Tarifnya US$ 271.000 (Rp 3,79 miliar) dengan 50,16 juta follower.

Selanjutnya Virat Kohli, atlet kriket asal India dengan tarif US$ 196.000 (Rp 2,74 miliar). Virat Kohli memiliki 36,16 juta follower.

HopperHQ merupakan startup yang bergerak dalam perusahaan pengelola akun Instagram. Perusahaan ini berbasis di London dan mengklaim memiliki pelanggan di lebih dari 55 negara. Dalam menyusun riset ini HopperHQ menganalisis berbagai faktor seperti pertautan dengan audiens, jumlah follower, dan frekuensi unggahan.
(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading