Kematian Sulli, Komentar Netizen, & Kerasnya Dunia Kpop

Lifestyle - Redaksi, CNBC Indonesia
15 October 2019 08:53
Kematian Sulli, Komentar Netizen, & Kerasnya Dunia Kpop
Jakarta, CNBC Indonesia- Aktris dan Penyanyi Choi Jin Ri, dikenal dengan Sulli, diberitakan meninggal dunia pada sore kemarin. Menurut aparat kepolisian, penyebab kematiannya adalah bunuh diri.

Sulli debut sejak berusia 11 tahun, membintangi sejumlah drama televisi dan bergabung dengan agensi SM Entertainment. Pada 2009, Ia bersama dengan 4 kawannya yakni Amber, Victoria, Cyrstal Jung, dan Luna sama-sama debut sebagai girlband F(x) dengan lagu perdana "Lachata". Sejak saat itu, nama Sulli terus meroket di dunia keartisan Korea Selatan.




Sampai akhirnya Sulli memutuskan hengkang dari grup pada 2015, dengan alasan ingin fokus di dunia seni peran.

Sepanjang perjalanan karirnya, Sulli seakan tak lepas dari segala pemberitaan dan komentar negatif para netizen. Mulai dari kondisi tubuhnya yang dibilang gemuk, pacarnya, sampai gaya busananya. Seakan-akan mereka lupa bahwa Sulli, manusia dan juga masih berusia belia.

Bukannya tidak berupaya melawan komentar nyinyir netizen tersebut, Sulli justru berusaha bijak dan mempertimbangkan nasib si netizen jika dilaporkan ke aparat polisi.



Kabar soal meninggalnya Sulli akibat depresi yang menghantuinya juga diperkuat oleh tanggapan penggemar di dunia sosial. Penggemar Sulli ramai-ramai memposting tentang tindak tanduk Sulli belakangan, yang sampai menangis di instagram live dan berkata kepada para netizen. "Saya bukan orang yang jahat, katakan satu hal saja tentang saya (yang baik) karena saya pantas menerimanya."

Kondisi Sulli sebagai artis di Korea Selatan selalu dituntut tampil sempurna, bagaimanapun rapuhnya kondisi jiwa dia. Di sana, membicarakan kesehatan mental masih hal yang tabu. Riset menunjukkan dari 90% orang dengan gangguan kesehatan mental, hanya 15% yang mendapat perawatan semestinya.

Sebuah studi yang dilakukan sejak 2005 sampai 2009 oleh peneliti di Korea Selatan bahkan mempelajari kasus bunuh diri 13 artis yang terjadi sepanjang tahun tersebut. Hasilnya, mereka yang menggeluti profesi tersebut lebih rentan terpapar depresi dan keinginan untuk bunuh diri. Metodenya pun rata-rata sama, yakni memilih gantung diri.

Untuk Kpop Idol, tekanan bahkan dimulai sejak mereka masih berprofesi sebagai trainee atau sebelum debut ke dunia keartisan. Dalam fase ini mereka harus berlatih sangat keras, mengorbankan masa-masa muda mereka semua demi debut mereka. Perusahaan agensi investasi besar-besaran dalam hal ini, sang artis bisa terikat kontrak yang mengikat mereka puluhan tahun.

SM Entertainment sendiri sudah buka suara atas wafatnya Sulli, namun netizen masih menyayangkan sikap perusahaan yang seakan-akan tak belajar dari kasus terdahulu. Tahun 2017, SM juga kehilangan salah satu artis berbakat mereka yakni Jonghyun SHINee akibat bunuh diri. (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading