Hari Batik, Ini Jenis & Macam Batik Indonesia yang Fenomenal!

Lifestyle - Lynda Hasibuan , CNBC Indonesia
02 October 2019 12:02
Jakarta, CNBC Indonesia - Sejak ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dari Indonesia pada 2009 lalu, setiap tanggal 2 Oktober kini diperingati sebagai hari batik nasional.

Unesco menyebut batik sebagai Masterpieces of the Oral and the Intangible Heritage of Humanity. Peninggalan warisan budaya ini memiliki filosofinya masing-masing tergantung daerah asalnya. Dengan kata lain, batik tidak sekedar kain bermotif namun mempunyai makna mendalam yang berbeda satu sama lain.

Berikut adalah jenis-jenis batik nusantara beserta macam-macam motif dan gambarnya. Mulai dari motif batik modern sampai dengan motif batik sederhana.


Motif batik sekar jagad

Motif batik ini merupakan salah satu motif yang sangat khas di Indonesia. Batik jenis ini berasal dari daerah Jawa, lebih tepatnya Yogyakarta.

Batik Jogja ini memiliki makna segar jagad yaitu keindahan atau kecantikan yang membuat orang yang memandangnya jadi terpesona. Ada pula yang menafsirkan kalau motif yang berbentuk seperti pulau-pulau ini maksudnya yaitu sesuai namanya, yakni sekar jagad.

Hari Batik, Ini Jenis & Macam Batik Indonesia yang Fenomenal!Foto: Motif batik sekar jagad (Indonesia Batik.id)




Motif Sidomukti Magetan
Motif batik asal kabupaten Magetan ini mempunyai motif dasar gambar bambu. Seperti batik-batik yang lain, umumnya batik ini digunakan pada acara-acara resmi atau upacara adat. Arti dan filosofi dari motif batik sidomukti ini yaitu harapan untuk memperoleh ketenangan lahir batin.


Hari Batik, Ini Jenis & Macam Batik Indonesia yang Fenomenal!Foto: Batik Motif Sidomukti Magetan (InfoBatik.id)


Motif Batik Solo
Ciri khas batik dari solo yang sering disebut sebagai batik sogan yaitu warna motifnya yang kecokelatan. Batik Solo juga masih mengaplikasikan konsep tradisional dengan hanya menggunakan bahan-bahan alami sebagai pewarnanya. Filosofi motif batik Solo yaitu gelombang-gelombang sungai bengawan solo yang membawa ketenangan.

Hari Batik, Ini Jenis & Macam Batik Indonesia yang Fenomenal!Foto: Batik Motif Solo (Batiksolo.id)




Motif Batik Keraton

Awal mulanya, motif batik keraton sangat eksklusif. Rakyat biasa tak diperbolehkan untuk menggunakan motif ini karena yang boleh menggunakannya hanya Sultan serta keluarganya saja.

Tetapi belakangan, ketentuan itu dicabut dan rakyat biasa sudah bisa menggunakan motif ini. Diantara penyebab eksklusifnya motif ini yaitu karena penemu motif awalnya adalah putri-putri keraton Yogya sendiri yang notabene masihlah anggota keluarga Sultan.



Motif Kawung
Motif batik ini mungkin begitu dikenal oleh kakek-kakek kita sejak dahulu. Hal ini karena motif ini adalah salah satu motif batik tertua di Indonesia.

Kala itu, motif ini hanya bisa digunakan oleh orang-orang kerajaan sebagai kain sarung raja ataupun permaisurinya. Motif batik Kawung mempunyai pola bulatan yang serupa dengan buah Kawung yang tertata rapi secara geometris.

Dalam bentuk lain, motif batik kawung ini dapat direpresentasikan sebagai gambar bunga teratai dengan empat helai daun bunga yang merekah. Lotus atau teratai adalah bunga yang melambangkan umur panjang serta kesucian.

Hari Batik, Ini Jenis & Macam Batik Indonesia yang Fenomenal!Foto: Motif Batik Kawung (Infobatik.id)





(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading