Gizi Lele RI Kalahkan Salmon, Laris Manis di Jepang & Eropa!

Lifestyle - Lynda Hasibuan , CNBC Indonesia
08 September 2019 11:42
Gizi Lele RI Kalahkan Salmon, Laris Manis di Jepang & Eropa! Foto: Melirik Bisnis Ikan Lele, Dari Indonesia Hingga Kepenjuru Dunia (CNBC Indonesia/Lynda Hasibuan)
Jakarta, CNBC Indonesia - Apakah Anda tahu bahwa ikan lele memiliki kandungan gizi lebih tinggi dari ikan salmon?

Tidak cuma itu, saking banyaknya yang takjub soal rasa dan kandungan gizi, ikan lele Indonesia ini bahkan laris manis diekspor ke negara Rusia, Jepang, dan Eropa. Seperti yang diceritakan oleh salah seorang pengusaha ternak lele, Muhammad Iqbal, kepada CNBC Indonesia.

Pemilik usaha ternak lele MAS 78 ini menggunakan teknologi budidaya tercanggih, sehingga lele yang dihasilkan lebih bersih dan bisa bersaing di pasar. Iqbal bahkan sampai riset budidaya lele dengan metode biogreen atau Cara Budi Daya Ikan yang Baik (CBIB), dimana semua proses budi daya, maupun panen sudah dipersiapkan dengan baik. 




Dia menuturkan bahwa lele yang dia ternak adalah jenis lele sangkuriang. Dengan modal terbilang minim yakni Rp 5 juta. pemilik MAS 78 Farm ini berhasil mengembangkan bisnis lele hingga meraup omzet ratusan juta.

Dari hal tersebut, Iqbal mendapatkan kesempatan untuk membawa ikan lele asal Indonesia ke mancanegara dalam produk olahan saat acara seminar kenegaraan.

"Jadi olahan lele itu adalah turunan bisnis dari produk yang kita budidayakan. Kita buat abon, keripik kulit dan nugget. 3 produk yang sebetulnya saya bawa keluarga negeri tersebut yakni Rusia, Jepang dan Eropa," kata Iqbal kepada CNBC Indonesia, pekan lalu. 

Iqbal menuturkan bahwa ikan lele tersebut bisa diterima pasar Internasional karena memenuhi standar yang tepat. Ini dimulai dari kandungan gizi (kesehatan) yang terjaga dan fillet daging yang baik.



Bicara soal rasa jangan diragukan. Antusiasme warga asing terhadap olahan daging lele sangatlah luar biasa dan diterima dengan baik.

Bahkan dia pun memperkenalkan ikan asal Indonesia. Dimana  menurutnya kandungan gizinya lebih besar dari ikan salmon

Tidak hanya Eropa dan Jepang, dia pun berharap akan ada negara lain yang melirik ikan ini. Dan tentunya bantuan pemerintah untuk membuka jalan ekspor produk ini sangatlah dibutuhkan.

"Kita memasarkan dari lingkungan dulu artinya penduduk sekitaran kenal dan responsya bagus dan kedua kita supply ke restoran. Berikutnya saya sudah pernah bawa hasil olahan ikan lele ini sampai Rusia dan Jepang. Intinya lele Indonesia pernah jebol pasar Internasional dan mau menyasar ke negara lain," kata dia.

[Gambas:Video CNBC]


(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading