Saturnus Mendekat, Kini Bisa Lihat Langsung dari Bumi

Lifestyle - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
10 July 2019 16:09
Saturnus Mendekat, Kini Bisa Lihat Langsung dari Bumi
Jakarta, CNBC Indonesia- Siap-siap melihat Saturnus dengan mata telanjang. Sejak Selasa (09/07) Saturnus berada di posisi yang berlawanan dengan matahari. Dengan begitu, Saturnus, Bumi, dan matahari menjadi satu garis, dimana Bumi berada ditengah.

Berdasarkan keterangan NASA, posisi ini merupakan posisi terbaik sehingga warga bumi bisa melihat saturnus dan bulannya. Namun tetap dibutuhkan bantuan teleskop untuk melihat planet bercincin ini secara jelas.





Ketua Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin mengatakan fenomena mendekatnya Saturnus ini juga bisa diamati dari Indonesia. Fenomena ini juga bisa diamati dengan mata telanjang.

"Ya. Dalam beberapa hari ini planet Saturnus terlihat paling terang. Dengan mata biasa tampak sebagai bintang terang yang terbit sesudah magrib, tampak sampai menjelang matahari terbit. Dengan teleskop akan terlihat cincinnya," kata Thomas dilansir dari, Selasa (9/7/2019)


Selain itu, fenomena planet Saturnus ini juga bisa diamati dari semua wilayah di Indonesia. Namun, Thomas mengingatkan, tingkat kejelasannya bergantung pada cuaca.


Dilansir dari CNN yang melansir EarthSky, ketika sebuah planet melewati antara matahari dan planet yang diluar orbit bumi, planet tersebut menjadi yang terdekat dan sehingga paling terlihat dari bumi.


Saturnus akan terlihat sangat jelas mulai dari tengah malam, hingga menjelang matahari terbit. Posisi berlawanan Saturnus ini membuatnya bisa dilihat dengan baik pada Juli, Agustus, dan September.

NASA menyatakan pada 15-16 Juli bulan purnama akan tergores oleh cincin planet. Pada masa ini, potongan cincin Saturnus pada bulan purnama bisa dilihat jelas di Amerika Selatan.Terlihatnya Saturnus ini juga bertepatan dengan peringatan 50 tahun misi Apollo 11 yang bersejarah. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading