Dear Mama, Begini Cara Atur Duit Buat Biaya Sekolah Anak

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
08 July 2019 11:21
Dear Mama, Begini Cara Atur Duit Buat Biaya Sekolah Anak
Jakarta, CNBC Indonesia - Bagi orang tua baru atau pasangan yang baru menikah mempersiapkan pendidikan anak sangatlah penting. Bagaimana tidak kenyataannya biaya sekolah tidak lagi bisa dianggap murah dan selalu bertambah setiap pergantian tahun.

Financial Planner Tatadana Financial Consulting, Nurvitriavi Nuriman pun mengatakan bahwa ada beberapa alternatif cara yang bisa dijadikan solusi guna mempersiapkan biaya sekolah. Dia menyarankan untuk membuat anggaran sekitar 10-20 persen.





"Jadi dalam membuat anggaran bulanan harus dipaksakan menabung antara 10-20 persen. Untuk persiapan biaya sekolah anak juga  harus mempersiapkan nilai tersebut," kata Nurvitriavi Nuriman dalam program Investime CNBC Indonesia.

Menurutnya perhitungkanlah umur berapa anak Anda akan mulai masuk sekolah, apakah sebentar lagi ataukah masih lama. Cara ini dipastikan tidak akan mengganggu kebutuhan keuangan lainnya. 

Mempersiapkan dana atau menabung untuk pendidikan lebih awal sangatlah baik. Sehingga Anda pun dapat mempersiapkannya lebih panjang dan bekal biaya  akan tercukupi.

Dia pun mencontohkan, misal Anda memiliki anak berusia 1 tahun dan ingin menabung untuk persiapan kuliah anak hingga jenjang S1. Maka sisa waktu persiapan Anda menabung adalah 17 tahun untuk menuju S1.

Nurvitriavi pun mengestimasikan bahwa biaya bulanan untuk kuliah misalnya Rp 10 juta maka hingga semester akhir (semester 8) tentunya sang orang tua harus mempersiapkan Rp 80 juta.

Nilai tersebut tentunya akan mengalami inflasi sebanyak 10 persen tiap tahunnya. Maka nilai tersebut bisa mencapai Rp 440 juta.

Lalu bagaimana Anda menyiapkan dana tersebut? Lalu, Nurvitriavi pun menyarankan untuk menabung dari 0 persen hasil pendapatan atau sekitar Rp 1,9 perbulan dari usia anak 1 tahun.

Simak soal mahalnya biaya pendidikan di bawah ini
[Gambas:Video CNBC]

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading