Tren Sekolah TK & Paud Puluhan Juta Rupiah, Ini Sebabnya!

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
07 July 2019 18:15
Tren Sekolah TK & Paud Puluhan Juta Rupiah, Ini Sebabnya!
Jakarta, CNBC Indonesia - Setiap orang tua menginginkan pendidikan yang terbaik bagi putra-putrinya. Namun, biayanya semakin mahal setiap tahun bahkan untuk kategori pre-school atau pra-sekolah seperti pendidikan anak usia dini (PAUD).

Untuk sekolah tertentu, kategori Taman Kanak-Kanak bahkan bisa mematok tarif belasan hingga puluhan juta rupiah. Begitu juga untuk PAUD, di beberapa tempat ada yang memasang biaya masuk belasan juta rupiah.




Pemerhati pendidikan sekaligus Pendiri Sekolah Cikal Najelaa Shihab mengatakan bahwa untuk untuk memasukkan anak ke sekolah TK atau Preschool sebenarnya bisa disesuaikan dengan kemampuan orang tua.

"Pertama kalau mahal atau murah itu tergantung pendapatan orang tua. Beberapa sekolah bisa jadi beragam cost nya dan bisa memilih apa yang sekiranya kita mampu bayar," ujar Najelaa kepada CNBC Indonesia, Jumat (5/7/2019).

Adapun mengapa biaya sekolah tertentu bisa mahal, dia menuturkan bahwa tidak hanya karena tawaran fasilitas dan bangunan gedung yang lebih bagus untuk peserta didik. Namun terdapat juga hal paling penting lainnya, yakni tersedianya sumber daya manusia yang berkualitas untuk menjadi tenaga pengajar.

Tak mudah mencari pengajar dengan kemampuan yang sabar dengan anak-anak. Serta kesiapan mereka mendidik dengan cara dengan kurikulum berbasis internasional.

"Sebenarnya untuk biaya mahal mungkin karena riset kurikulum internasional. Tapi saya tidak bisa cerita dalam konteks yang lebih luas karena kalau di Cikal sendiri, cost yang paling utama adalah human resources atau gaji guru," ungkap dia.

Menurutnya, sebagai lembaga yang menyediakan jasa pendidikan, sekolah seharusnya mengutamakan kualitas orang-orang yang memberikan jasa. Untuk menghasilkan sumber daya yang berkompeten, diperlukan juga biaya yang tidak sedikit.

Tidaklah heran, untuk mendapatkan kualitas terbaik tentu harus menciptakan lingkungan kerja yang baik juga. Hal itu bisa lewat pengembangan diri guru-guru, profesional, dan training. Serta  berbagai pelatihan agar bisa menyampaikan kurikulum dengan kualitas baik.




Simak video fasilitas sekolah mahal di Jakarta ini:

[Gambas:Video CNBC]

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading