Ini Jam Tangan Bos The Fed hingga Bos Apple, Harganya?

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
06 April 2019 16:13
Ini Jam Tangan Bos The Fed hingga Bos Apple, Harganya?
Jakarta, CNBC Indonesia - Bagi banyak orang di dunia baik dari sektor bisnis atau keuangan, mengenakan jam tangan adalah simbol status kekayaan.

Para bankir junior biasanya menggunakan bonus pertama mereka untuk membeli merek Omega baru. Sementara para eksekutif biasanya selalu membandingkan catatan tentang Rolex terbaru mereka.

"Sebuah arloji dapat mengatakan sesuatu tanpa menggunakan kata-kata. Ini menyampaikan gaya, prestasi, dan dapat menjadi pembuka rahasia utama," kata Hamilton Powell, CEO Crown & Calibre, pasar sekunder daring untuk jam tangan mewah.


Tetapi apa yang dikenakan para investor, bankir, dan CEO paling kuat di dunia di pergelangan tangan mereka?

Business Insider bekerja sama dengan para ahli di Crown & Calibre untuk mengidentifikasi arloji yang mereka kenakan.

Dari Swatch seharga $ 100 (Rp 1,4 juta) yang dikenakan oleh salah satu kepala bank sentral Eropa hingga Wall Street dengan Rolex seharga $ 20.000 (Rp 284 juta). Jam-jam tersebut dikenakan oleh orang-orang paling kuat dalam bisnis dan keuangan.

Berikut adalah daftar para orang-orang hebat yang menggunakan jam tangan mewah harga selangit:

Jes Staley, CEO Barclays
Staley, yang berada di posisi pemimpin sejak 2015, dan termasuk orang yang langka di dunia perbankan, karena sedia bos Amerika di bank Inggris. Dia telah ditugaskwn dengan mendorong bank untuk lebih fokus pada divisi perbankan investasinya. Ia mengenakan Panerai Luminor Marina PAM 111 - seharga $ 4.600 (Rp 63 juta)
Foto: ist

Ahli arloji Crown & Calibre mengidentifikasi arloji Staley dibuat oleh Panerai, pembuat arloji Italia yang terkenal karena membuat arloji yang digunakan oleh penyelam militer Italia selama Perang Dunia Kedua.

Jeff Bezos, Chairman dan CEO Amazon
Bezos, orang terkaya di dunia, mendirikan Amazon pada tahun 1994, dan telah mengawasi pertumbuhannya menjadi raksasa dalam ritel, komputasi awan, konten, dan banyak lagi. Bezoz menggunakan Ulysse Nardin GMT Big Date - seharga US $ 3.200 (Rp 45 juta).
Foto: ist

Bezos telah sering difoto mengenakan arloji Ulysse Nardin. Model ini tampaknya adalah sebuah merek dari Ulysse Nardin GMT Big Date.
Ini eceran seharga $ 7.700 (Rp 109 juta) baru tetapi dapat dibeli pra-dimiliki di Crown & Calibre dengan $ 3.200.

Ginni Rometty, CEO IBM
Rometty adalah wanita pertama yang mengepalai IBM, setelah menghabiskan lebih dari 35 tahun bersama perusahaan. Dia mulai sebagai insinyur sistem pada tahun 1981, menjadi CEO pada tahun 2012.
Foto: ist

Pria ini tampak sering menggenakan Rolex Cellini Cellissima seharga $ 10,400 (Rp 147 juta)

Menurut Crown & Calibre, Rometty memakai Rolex Cellini Cellissima, bertatahkan berlian di sekeliling bezelnya, dan menampilkan ibu dari wajah mutiara. Versi yang dimiliki sebelumnya dapat dibeli seharga $ 10.400.

Indra Nooyi, mantan CEO PepsiCo
Nooyi merintis jejak sebagai salah satu eksekutif wanita paling terkemuka di dunia, memimpin PepsiCo selama lebih dari 15 tahun. Pada 2014, ia dinobatkan sebagai wanita terkuat ke-13 di dunia oleh Forbes.
Foto: ist

Dia mundur sebagai bos Pepsi pada Oktober 2018, dan saat ini menjabat sebagai anggota dewan direksi Amazon.

Nooyi sering menggunakan Cartier Tank Francaise seharga $ 2.600 (Rp 36 juta).

Mario Draghi, Presiden Bank Sentral Eropa
Dibilang lebih kuat daripada CEO mana pun, Mario Draghi adalah presiden Bank Sentral Eropa, dan secara luas dikreditkan karena telah benar-benar menyelamatkan keberadaan euro selama Krisis Utang Zona Euro.
Foto: ist

Sebelum bekerja di ECB, Draghi bekerja untuk Bank of Italy, dan Goldman Sachs. Dia akan mengundurkan diri sebagai ketua ECB akhir tahun ini. Longines Flagship Heritage - seharga US$ 3.500 (Rp 49 juta),

Pada gambar di atas, Draghi mengenakan Longines Flagship Heritage, menurut para ahli di Crown dan Calibre.

Arloji yang digambarkan di sini adalah model yang serupa, dan dibanderol sekitar $ 3.500 sama dengan yang dimiliki sebelumnya.

Tim Cook, CEO Apple
Dengan kapitalisasi pasar mendekati $ 1 triliun, Apple adalah perusahaan paling berharga di dunia. Dan orang yang memimpin semuanya adalah Tim Cook.

Dia mengambil posisi itu sebagai CEO pada 2011. Sebelumnya, Cook adalah chief operating officer.
Foto: ist

Tim menggunakan Apple Watch yang harganya mulai dari $ 399 (Rp 5,6 juta). Dia semacam harus, tetapi Cook memakai Apple Watch, dan jarang terlihat di depan umum tanpa itu.

Inkarnasi terbaru dari Jam Tangan Apple, Seri 4, mencakup fitur-fitur baru seperti monitor EKG, dan kemampuan untuk mendeteksi kapan pemakainya jatuh pingsan dan memanggil layanan darurat.

Mark Carney, Gubernur Bank of England
Pria asal Kanada, Mark Carney mengepalai bank sentral Inggris, Bank of England. Sebagai gubernur ia memegang salah satu dari empat pekerjaan paling bergengsi di perbankan sentral.

Sejak Inggris memilih untuk meninggalkan Uni Eropa, Carney telah berperan penting dalam perencanaan untuk melindungi ekonomi negara dari segala guncangan yang mungkin terkait dengan Brexit.
Foto: Ist

Mark menggunakan Swatch Blue SFS103 seharga US$ 100 (Rp 1,4 juta)

Bagi seorang pria yang mendapatkan gaji lebih dari $ 850.000 per tahun, Carney secara mengejutkan memiliki selera yang sederhana dalam hal jam tangan. Dia sering terlihat mengenakan Swatch, yang dijual seharga sekitar $ 100.

Michael Bloomberg, CEO Bloomberg
CEO perusahaan yang menyandang namanya, Michael Bloomberg sebelumnya adalah Walikota New York City, dan telah sering menyarankan agar ia bisa mencalonkan diri sebagai presiden suatu hari nanti.
Foto: Michael Bloomberg pemilik sekaligus pendiri perusahaan media penyaji data ekonomi, Bloomberg (REUTERS/Carlos Jasso)

Bloomberg menggunakan jam Victorinox Swiss Army - $ 130 (Rp 1,8 juta).

Seperti Gubernur Bank of England Carney, Bloomberg tampaknya tidak menyukai arloji mahal, dengan para ahli Crown dan Calibre mengatakan dia memakai arloji oleh Victorinox, perusahaan yang terkenal memproduksi pisau pada Tentara Swiss. Jam itu dijual seharga sekitar $ 100.

Doug McMillon, presiden dan CEO Walmart
Doug McMillon telah menjadi presiden dan CEO Walmart sejak Februari 2014. Sebelum melayani dalam kapasitas ini, McMillon adalah presiden dan CEO Walmart International, segmen yang tumbuh pesat dari keseluruhan operasi Walmart.

Walmart adalah perusahaan terbesar di dunia dengan lebih dari 2,3 juta karyawan.

Foto: Ist


Punya kekayaan banyak McMillon hanya menggunakan Apple Watch - $ 399 (Rp 5,6 juta).

McMillon telah digambarkan di masa lalu mengenakan arloji oleh merek pasar massal Citizen, yang menjual arlojinya sekitar $ 500. Namun, di sini dia tertangkap mengenakan Apple Watch.

David Solomon, Ketua dan CEO Goldman Sachs
Jauh dari perannya di bank, CEO Goldman Sachs David Solomon yang baru diinstal mungkin paling dikenal sebagai DJ musik elektronik. Dia telah memegang kendali bank sejak 2018, ketika dia menggantikan Lloyd Blankfein yang sudah lama bekerja.

Foto: Ist

Salamon menggunakan Shinola Runwell Chronometer seharga US$ 750 (Rp 10 juta). Selera jam tangan Solomon relatif rendah hati, dengan Crown dan Calibre mengidentifikasi arloji sebagai Shinola Runwell Chronometer, sebuah arloji yang dapat dibeli dengan merek baru seharga sekitar $ 750.

James Gorman, Ketua dan CEO Morgan Stanley
James Gorman adalah CEO Australia-Amerika dan ketua Morgan Stanley, salah satu lembaga keuangan paling kuat di Wall Street.

Gorman mengawasi staf global lebih dari 55.000, menghasilkan pendapatan lebih dari $ 37 miliar per tahun. Dia telah menjadi CEO sejak 2009, dan membawa pulang sekitar $ 27 juta pada tahun 2017.
Foto: Ist

Gorman merupakan pengguna Rolex Daytona 116520. Harga jam tanggan ini sekitar US$ 15.075 (Rp 216 juta).

Gaji Gorman yang sangat besar memungkinkannya untuk berjaga-jaga di arlojinya, dengan para ahli Crown dan Calibre mengatakan ia mengenakan Rolex Daytona senilai $ 15.000.

Daytona adalah salah satu jam tangan paling ikonik, yang paling terkenal dikenakan oleh aktor Paul Newman.


Jerome Powell, Ketua Federal Reserve
Ketika datang ke pasar keuangan, tidak ada yang lebih berpengaruh dari Ketua Federal Reserve Jerome Powell. Satu kata yang salah keluar dari mulutnya dapat menggerakkan pasar dengan tajam, membuat dan kehilangan miliaran pedagang hanya dalam beberapa menit.

Dia telah menjadi Ketua Fed sejak 2017, menggantikan Janet Yellen, kepala wanita pertama Fed.
Foto: Ist

Meski jadi orang nomor satu untuk urusan moneter AS. Powell hanya menggunakan Rolex Submariner seharga US$ 6.880 (Rp 97 juta).

Seperti James Gorman, Powell memilih Rolex untuk menghiasi pergelangan tangannya, tetapi tidak seperti Gorman, ia memilih Rolex Submariner yang lebih sederhana.

Jam tangan itu memiliki berbagai warna dan model, tetapi Crown dan Calibre mengidentifikasikannya sebagai model 16610, yang dijual dengan harga $ 7.000.

Sergio Ermotti, CEO UBS
Ermotti, CEO Italia UBS, bank paling terkenal di Swiss, dapat menghitung dirinya di antara orang-orang terkuat di bidang keuangan Eropa.

Dia telah memimpin pemberi pinjaman, yang memiliki sekitar $ 3 triliun aset yang dikelola, sejak 2011.
Foto: Ist

Ermoti menggukan Rolex Daytona 116500 seharga US$ 23.000 (Rp 327 juta). Rolex Daytona jelas menjadi favorit para CEO bank, dengan Ermotti juga memilih untuk mengenakan arloji yang dikenakan oleh Morgan Stanley's Gorman. Model Ermotti sedikit berbeda, dan memiliki nilai pasar saat ini sekitar $ 23.000.


Antonio Horta Osorio, CEO Lloyds Banking Group
Lloyds mungkin bukan salah satu nama terbesar di perbankan internasional, tetapi di Inggris, merek ini membawa banyak kemajuan. Itu membuat Antonio Horta-Osorio, CEO asal Portugis bank, menjadi salah satu tokoh paling kuat di Inggris.

Dia telah menjadi CEO Lloyds sejak 2011.
Foto: Ist

Osorio merupakan pengguna jam Rolex Air-King seharga $ 3.400 (Rp 48 juta)

Bankir lain yang mengenakan Rolex, Horta-Osorio memilih Air-King, pilihan yang harganya lebih murah, model ini dijual seharga sekitar $ 6.300, tetapi tersedia di pra-dimiliki di Crown dan Caliber seharga $ 3.400.

Dara Khosrowshahi, CEO Uber
Dara Khosrowshahi, kepala eksekutif raksasa Uber saat ini, mengambil alih perusahaan pada tahun 2017 setelah dewan memutuskan untuk menggulingkan sang pendiri Travis Kalanick.

Di bawah kepemimpinannya, perusahaan telah melunakkan ekspansi agresifnya, dan sekarang dilaporkan sedang mempersiapkan penawaran umum perdana dalam waktu dekat.
Foto: Ist

Pria yang senang mengenakan pakaian kasual ini pengguna jam Chopard Mille Miglia 16/8997.

Khosrowshahi menampilkan Chopard Mille Miglia 16/8997, klasik Swiss yang memberi penghormatan kepada Mille Miglia, sebuah reli mobil klasik terkenal dunia yang diadakan di Italia. Model serupa dijual di Crown & Calibre seharga $ 3.400 (Rp 48 juta).

Jeff Weiner, CEO LinkedIn

Jeff Weiner telah menjadi CEO LinkedIn sejak 2009. Perusahaan ini dibeli oleh Microsoft dengan harga $ 26,2 miliar pada tahun 2016.
Foto: Ist

Weiner merupakan pengguna jam Audemars Piguet Royal Oak seharga $ 16.500 (Rp 234 juta)
Arloji Weiner, Audemars Piguet Royal Oak, disukai oleh artis hip-hop, yang terkenal direferensikan oleh Jay-Z dan Kanye West dalam lagu hit mereka "N-- in Paris."

Royal Oak memiliki banyak variasi, tetapi model yang serupa dengan yang dikenakan oleh Weiner akan membuat Anda kembali sekitar $ 16.500 dari Crown dan Calibre.

Michael Corbat, CEO Citigroup
Michael Corbat adalah CEO Citigroup, salah satu bank terbesar di dunia, jabatan yang dipegangnya sejak 2012.

Corbat telah berada di Citi sejak ia lulus dari Universitas Harvard dengan gelar di bidang ekonomi pada tahun 1983, sebagai CEO Eropa, Timur Tengah dan Afrika, mengawasi semua operasi bisnis, kepala Bank Korporat Global dan Bank Komersial Global Citi, dan sebelum CEO itu dari Citi Holdings.

Foto: Ist

Selera Corbar patut dipuji, ia menggunakan jam Jaeger LeCoultre Master Perpetual Calendar seharga Rp 277 juta.

Corbat tertangkap menggunakan Joeger LeCoultre Master. Jam tangan serupa dapat dibeli dari Crown dan Calibre dengan harga sekitar $ 19.500.

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading