Mau Beli Jam Tangan buat Investasi? Simak 12 Tips & Trik Ini

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
04 November 2021 13:47
An exhibitor displays the Patek Philippe 18k yellow gold automatic wrist watch with Iraqi coat of arms and bracelet at the Christie's auction in Dubai, United Arab Emirates, March 19, 2018. REUTERS/Satish Kumar

Jakarta, CNBC Indonesia - Jam tangan tidak hanya digunakan untuk melengkapi penampilan saja. Ternyata, aksesori ini juga bisa digunakan sebagai investasi.

Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan membeli arloji sekaligus sebagai investasi, seperti dikutip dari Asia One:

1. Pilih satu (atau dua) merek


Steven Kivel dari Central Watch, perusahaan servis dan restorasi jam tangan mekanik di New York, mengatakan bahwa Patek Philippe dan Rolex adalah dua merek yang menonjol dalam hal investasi. Itu lantaran, merek tersebut membeli saham di Apple atau Microsoft.


2. Jangan mulai dengan merek yang tidak jelas

Lihatlah ke masa lalu dan evaluasi merek yang terus berkinerja dari generasi ke generasi, seperti Breitling, Omega, Audemars Piguet, Cartier, Panerai, Jaeger-LeCoultre dan IWC.


3. Lakukan riset

Merek jam tangan apa yang ingin Anda fokuskan?

Thomas Perazzi, Kepala Divisi Jam Tangan Phillips Asia mengatakan bahwa dalam pelelangan, para pembeli berfokus pada jam tangan kontemporer. Kendati demikian, selera telah berubah dan ada pengakuan bahwa jam tangan vintage lebih dapat dikoleksi.


4. Perhatikan ketiga model yang menonjol ini

Cartier Santos W2002C4 menunjukkan kenaikan nilai 57% selama tiga tahun, sedangkan Tag Heuer Grand Carrera CAV511B.FC6231 meningkat sekitar 30%.

Lalu, Rolex Datejust 16264 mengalami peningkatan rata-rata 54% dalam tiga tahun yang sama (meskipun ada penurunan nilai pada 2015).


5. Carilah sesuatu yang unik

Ini bisa berupa desain khusus atau barang edisi terbatas yang ingin Anda pakai.


6. Jangan membeli jam tangan kuarsa

Jam tangan mekanik sangat dihargai karena gerakannya yang khas dan in-house. Meskipun ini dapat menyebabkan mark-up, Anda akan menemukan bahwa investasi Anda sepadan.


7. Carilah kolaborasi khusus

Jam tangan dengan dengan edisi khusus atau kolaborasi pastinya memberikan keekslusifan bagi para konsumen. Bukan tidak mungkin, dengan terbatasnya koleksi, maka semakin lama harga jam tangan ini pun semakin meningkat.


8. Jaga jam tangan

Pastikan Anda tahu cara menangani pembelian baru Anda. Merawat jam tangan secara teratur sangat penting untuk menjaganya tetap dalam kondisi murni.


9. Manfaatkan relasi

Ini akan membantu Anda memotong antrean, dan membeli jam tangan dengan harga di bawah harga eceran. Saat Anda menjual jam tangan, Anda bisa menjualnya langsung ke kolektor, bukan menggunakan rumah lelang atau pihak ketiga yang akan mengambil komisi.


10. Perhatikan berapa banyak yang Anda belanjakan

Kurangi risiko. Batasi 5%-10% dari dana investasi Anda untuk membeli jam tangan.


11. Jika Anda siap untuk berinvestasi, dapatkan bantuan para ahli

Watch Fund adalah dana investasi swasta yang, pada 2015, memiliki aset senilai US$ 29 juta dolar yang dikelola dengan 60 investor dalam dana tersebut.

Investor memiliki jaminan pengembalian tahunan bersih sebesar 10%, atau pengembalian variabel 20%-30%. Tetapi ada investasi minimum US$ 250.000 dan ada aturan tentang jam tangan yang Anda investasikan.


12. Bersabarlah jika ingin menjual

Anda harus menikmati membeli jam tangan mewah dan memakainya. Buatlah pemahaman bahwa pengembalian investasi Anda tidak dijamin.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading