Liputan Khusus

Biaya Bikin Film di Indonesia Bisa Sampai Puluhan Miliar!

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
31 March 2019 16:39
Untuk film Wiro Sableng membutuhkan dana sekitar puluhan miliar karena melibatkan banyak kru dan efek khusus.
Jakarta, CNBC Indonesia - Menikmati film yang seru dengan cerita yang mengalir tentu menjadi sebuah kesenangan tersendiri. Namun siapa sangka, di balik hal tersebut terdapat kerja keras, biaya besar, dan curahan emosi selama proses pembuatannya.

Hal ini pun diakui oleh Ernest Prakasa yang mengatakan bahwa tidak hanya para kreator harus bersusah payah untuk mengemas sebuah film agar bisa diterima penonton namun modal produksi juga harus berani. Misalnya saja, untuk film Wiro Sableng membutuhkan dana sekitar puluhan miliar karena melibatkan banyak kru dan efek khusus.


"Kalau biaya sebenarnya tergantung genre. Kalau bicara action yang kolosal seperti Wiro Sableng itu bisa puluhan miliar," ujar Ernest kepada CNBC Indonesia, Kamis (28/3/2019).


Dia menuturkan bahwa proses yang paling rumit dari mulai penulisan naskah sampai editing adalah proses produksi atau shooting. Tahapan ini di mana hampir seluruh anggota tim mulai bekerja. Seorang sutradara, produser atau line produser sangat dituntut keandalannya untuk mengatur para kru dalam tiap tahap ini.

Biaya Bikin Film di Indonesia Bisa Sampai Puluhan Miliar!Foto: infografis/infografis sejarah perfilman indonbesia/Aristya Rahadian Krisabella

Belum lagi ditambah beberapa komponen, seperti cuaca dan memahami karakter satu sama lain serta manajemen lapangan, tata setting produksi, dan masalah teknis lainnya.

"Shooting adalah proses tahapan yang menantang karena melalui beberapa cara yang rumit. Ini lebih luar biasa karena kita harus mengerti berbagai pemikiran dan motivasi berbeda-beda setiap orang," kata dia.

Saksikan video mengenai tujuh film Indonesia terlaris berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading