Jangan Tunda Liburan, Pulau Komodo Bakal Ditutup Mulai 2020

Lifestyle - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
06 February 2019 18:08
Jangan Tunda Liburan, Pulau Komodo Bakal Ditutup Mulai 2020
Jakarta, CNBC Indonesia - Wacana penutupan Taman Nasional Komodo selama setahun kembali bergulir. Namun, dalam perkembangan terbaru kemungkinan penutupan dilakukan hanya pada Pulau Komodo mulai Januari 2020.

Dalam rapat di lantai 8 ruang rapat Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem (KSDAE) KLHK, Jakarta (6/2/2019), Dirjen KSDAE KLHk Wiratno beserta Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan NTT, Alexander Sena serta sejumlah stakeholder terkait sampai pada putusan baru.

Pihak KLHK dan segenap stakeholder terkait disebutkan akan segera membentuk tim terpadu untuk melihat kondisi Komodo di lapangan. Dijelaskan, bahwa tim terpadu tersebut akan membuat laporan kembali pada Menteri KLHK Siti Nurbaya pada bulan Juli 2019 mendatang.


"Sekarang sesegera mungkin Juli akan ada keputusan terkait penutupan sementara TN Komodo. Ditutup atau tidak ditutup alasannya apa," ujar Wiratno, seperti dikutip dari detikcom.

Tak hanya itu, lingkup penutupan juga dipersempit dari yang tadinya di TN Komodo menjadi hanya di Pulau Komodo. Apabila semua data telah diperoleh dan penutupan dirasa perlu, wacananya akan dimulai pada awal tahun depan.

"Rencana penutupan Pulau Komodo untuk tujuan wisata, dapat dilakukan setelah adanya hasil dari tim terpadu dan berlaku mulai Januari 2020," ujar Wiratno.

Terkait wisatawan yang telah memesan paket wisata ke Pulau Komodo, Wiratno menyebut bahwa wisatawan masih dapat berkunjung ke destinasi di luar Pulau Komodo apabila rencana penutupan jadi dilakukan.

Simak video cara memulai bisnis biro perjalanan di bawah ini :

[Gambas:Video CNBC]


(dob/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading