Rekomendasi Wisata Tamasya Musim Panas di Jerman!

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
27 July 2022 15:35
In this picture taken with a long time exposure people walk along the Christmas Fair in front of the Mariendom (Cathedral of Mary) and St. Severi's Church in Erfurt, central Germany, Friday, Dec. 20, 2019. The Erfurt Christmas Market is one of the most beautiful Christmas Markets in the whole of Germany. The square is beautifully decorated with a huge, candle-lit Christmas tree and a large, hand-carved wooden creche. (AP Photo/Jens Meyer) Foto: Perayaan di Jerman (AP Photo/Jens Meyer)

Jakarta, CNBC Indonesia - Jika Anda dan keluarga memiliki rencana untuk mengunjungi Jerman, bulan Juli adalah salah satu waktu terbaik karena bertepatan dengan puncak musim panas. Jika ingin berlibur dan terkendala karena merisaukan masalah untuk biayanya, ada KTA yang bisa dijadikan pilihan juga untuk amunisi berlibur.

Di bulan Juli, suhu di Jerman dapat mencapai 30 derajat celcius. Beberapa kota terbaik yang bisa kamu kunjungi selama berlibur di Jerman adalah Munich, Dusseldorf, Dresden.


Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik Bulan Juli di Jerman

Tak perlu bingung memilih destinasi untuk dikunjungi selama bulan Juli di Jerman, berikut sejumlah pilihannya:

1. Mecklenburg-Vorpommern

Pilihan yang pertama adalah Mecklenburg-Vorpommern yang juga dikenal dengan nama Meckpom. Mecklenburg-Vorpommern merupakan kawasan hijau yang indah dan berlokasi di utara Berlin.

Anda bisa melakukan perjalanan ke Mecklenburg-Vorpommern dengan menggunakan mobil atau kereta api. Namun, jika ingin merasakan suasana khas Jerman, Anda bisa menggunakan sepeda untuk berkeliling di wisata ini.

2. Bodensee

Bodensee biasanya mengadakan sejumlah kegiatan di sepanjang musim panas, sehingga menjadikan destinasi ini sebagai tujuan yang populer untuk turis.

Berbagai kegiatan dapat Anda lakukan ketika sampai di Bodensee, seperti menaiki perahu di danau, mencoba lezatnya kuliner Jerman, olahraga air hingga menaiki kano di sepanjang pantai.

Bila Anda pergi ke luar danau, Pulau Mainau menjadi salah satu tempat yang harus dikunjungi. Pulau ini mempunyai taman kupu-kupu yang begitu indah serta kastil kecil. Nuansa tropis yang dimilikinya akan membuat turis ingin mengunjunginya setiap Juli.

3. St. Goar

Pilihan destinasi menarik lainnya di Jerman adalah St. Goar. Lokasi ini merupakan kota kuno yang berlokasi di tepi Rhine. Lokasi St. Goar berada di tengah situs warisan dunia UNESCO.

Wilayah St. Goar sebenarnya relatif kecil, sehingga Anda bisa menikmati tempat ini dengan berjalan kaki. 

Salah satu tempat yang populer di St. Goar adalah Kastil Rheinfels. Kastil ini dianggap sebagai kastil besar dan paling romantis di St. Goar. Untuk sampai di kastil ini, Anda harus berjalan kaki selama kurang lebih 45 menit dari Stasiun St. Goar.

3. Dusseldorf

Destinasi lain yang menarik dikunjungi di bulan Juli adalah Dusseldorf. Di sini, Anda bisa mencoba sejumlah kuliner lezat. Kota ini memiliki populasi orang Jepang paling besar ketiga di Eropa, menjadikan Dusseldorf tempat terbaik untuk mencoba sejumlah masakan Jepang.

Di sini, Anda bisa mencoba kelezatan katsu kari, sushi, ramen dan lainnya. Dusseldorf juga dipenuhi dengan berbagai makanan Asia lain.

4. Pulau Rugen

Masyarakat Jerman umumnya pergi ke pantai ketika musim panas. Salah satu tepi laut pantai Jerman yang sangat populer adalah Pulau Rugen.

Selain menikmati keindahan pantai di Pulau Rugen yang indah, Anda juga bisa mengeksplor Pulau Rugen dengan berkeliling menggunakan sepeda.

5. Munich

A general view shows the festival ground during the opening day of the 185th Oktoberfest in Munich, Germany, September 22, 2018. REUTERS/Andreas GebertFoto: Oktoberfest (REUTERS/Andreas Gebert)
A general view shows the festival ground during the opening day of the 185th Oktoberfest in Munich, Germany, September 22, 2018. REUTERS/Andreas Gebert

Munich merupakan salah satu kota paling indah di Jerman. Kota ini terkenal dengan wisata alam yang menakjubkan dan bangunan sejarahnya yang memukau.

Bila Anda berada di Munich ketika musim panas, pastikan menghabiskan waktu di The English Garden. Area hijau ini biasanya penuh dengan warga asli Jerman yang sedang menikmati sinar matahari. Selain itu, Anda juga bisa mencoba asyiknya ombak buatan yang berada di sungai dekat taman ini.

6. Rostock

Rostock berlokasi di Jerman Utara. Tempat ini sangat sempurna untuk melengkapi waktu liburan musim panas Anda. Apalagi jika Anda menyewa resort yang berada di tepi laut.

Dari Kota Berlin, Rostock hanya berjarak 2 jam dengan menggunakan kereta api. Ketika sudah sampai di Rostock, Anda bisa mencoba mengunjungi berbagai destinasi, naik trem, hingga tur melihat arsitektur bangunan Rostock.

Anda juga dapat menikmati pasar pagi yang berlokasi di Neuer Markt, atau alun-alun utama. Bila ingin sekalian membeli oleh-oleh, Anda bisa mengunjungi Rostock pada hari Sabtu atau Minggu. Umumnya, di hari Minggu, banyak kios-kios yang dapat dijelajahi.

7. Frankfurt

Visitors enjoy the last night of the Luminale light show in downtown Frankfurt, Germany, March 23, 2018.   REUTERS/Kai PfaffenbachFoto: REUTERS/Kai Pfaffenbach
Visitors enjoy the last night of the Luminale light show in downtown Frankfurt, Germany, March 23, 2018. REUTERS/Kai Pfaffenbach

Destinasi lain yang menarik untuk dikunjungi adalah Frankfurt. Di kota ini, Anda bisa dengan bebas menikmati minuman dingin berbagai rasa.

Selain itu café-café yang berada di Frankfurt juga sangat menarik. Salah satu festival yang menarik di Frankfurt adalah Festival Afrika serta Museum Sufferfest. Bila Anda ingin mengunjungi kota yang mengasyikkan selama berlibur ke Jerman, jangan lewatkan singgah ke Frankfurt.

8. Lubeck

Meskipun berukuran yang kecil, namun Lubeck memiliki banyak hal menarik untuk dijelajahi. Salah satu landmark yang ikonik di Lubeck adalah Holstentor.

Monument ini dibangun di abad ke 15 serta menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Selain monument ini, beberapa wisata yang terkenal seperti ST Mary, Gereja St Peter, juga menjadi museum yang menarik untuk dikunjungi selama di Jerman.

9. Hamburg

Kota yang sempurna untuk liburan musim panas di Jerman adalah Hamburg yang erlokasi di Jerman Utara. Berbagai hal dapat Anda lakukan di sini seperti menikmati makanan dan minuman yang lezat. Pada puncak musim panas, matahari terbit sebelum jam 5 pagi dan tenggelam setelah jam 10 malam.

Tips Mengunjungi Jerman di Bulan Juli

Setelah memilih destinasi yang tepat, agar liburan Anda mengasyikan, berikut sejumlah tips yang bisa kamu ikuti, antara lain:

1. Perhatikan Cuaca

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, di bulan Juli, Jerman berada dalam musim panas, sehingga cuaca di siang hari sangat cerah. Biasanya, matahari terbit sebelum jam 5:30 pagi, sedangkan terbenam sesudah jam 9 malam.

Sedangkan suhu biasanya mencapai puncak tertinggi di bulan Juli, sehingga menjadikan bulan ini serta bulan Agustus sebagai bulan paling hangat di sepanjang tahun. Suhu di ibukota negara Jerman, Berlin berada di angka 24 derajat celcius, sedangkan suhu paling rendah 15 derajat celcius.

Sedangkan di kota lain umumnya 26 hingga 30 derajat celcius. Untuk daerah di Pegunungan Alpen Bavaria biasanya akan sedikit sejuk karena berada di lokasi yang cukup tinggi.

Ketika berwisata ke Jerman di bulan Juli, pastikan membawa pakaian musim panas, kemudian Anda juga tidak boleh lupa membawa tabir surya agar tetap nyaman ketika berjalan-jalan di luar ruangan.

Selain pakaian musim panas, jangan lupa membawa jaket hujan dan payung. Biasanya, hujan singkat sering terjadi di bulan Juli dan diikuti sinar matahari.

2. Biaya

Selain cuaca, hal lain yang harus Anda perhatikan adalah biaya. Juli menjadi moment liburan sekolah, sehingga tidak mengherankan jika bulan ini menjadi waktu paling sibuk dan termahal untuk berlibur ke Jerman.

Tiket pesawat dan akomodasi hotel biasanya memiliki harga yang cukup tinggi di bulan Juli. Lebih-lebih jika merencanakan untuk mengunjungi sejumlah destinasi.

Oleh sebab itu, pastikan menyediakan anggaran yang cukup. Selain itu hindari memesan tiket dan hotel mendadak. Kamu juga bisa memesan restoran terlebih dulu sebelum berangkat, jika berminat untuk makan siang di café mewah Jerman.

Jika saat berlibur ke Jerman dan ada masalah biaya,  sudah banyak saat ini lembaga jasa keuangan yang menyediakan kredit tanpa agunan (KTA). Untuk apply KTA sudah bisa juga dilakukan secara online. Pinjaman KTA pun mudah syaratnya seperti e-KTP hingga NPWP.

3. Sejumlah Acara Menarik di Bulan Juli

Di Bulan Juli, Jerman memiliki sejumlah acara menarik, seperti:

  • Mencicipi anggur di Freiburg. Biasanya, acara ini berlangsung saat akhir Juli. Pertemuan tahunan di Freiburg ini dilakukan untuk merayakan anggur dari kebun Black Forest.
  • Festival Opera Munich. Acara yang berlangsung di Munich ini berasal dari abad ke 19. Acara ini menawarkan pertunjukan opera, balet live, paduan suara di sejumlah tempat.
  • Gendarmenmarkt Open. Berlokasi di Berlin, acara ini merupakan pertunjukan opera, klasik, serta music yang diselenggarakan di alun-alun Gendarmentmarkt.
  • ClassicOpen Air. Bila ingin menikmati konser music klasik secara gratis, Classic Open Air juga bisa Anda jadikan sebagai pilihan. Festival ini digelar di Taman Luitpold Hain dan biasanya ada pada bulan Agustus dan Juli.
  • Kinder Zeche. AcaraKinder Zecheberlokasi di Dinkelsbuhl. Kinder Zeche merupakan festival keluarga yang biasanya diadakan di bulan Juli. Festival Kinder Zachem ini bertujuan merayakan sejarah kota. Di sini, Anda akan melihat tarian serta kontes tradisional khas Kinderzechem.

[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kota Ini Larang Kucing Berkeliaran di Luar Rumah, Kenapa?


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading