Berlian Gastronomi, Jamur Rp 1,2 M Ini Diburu Crazy Rich

Lifestyle - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
27 November 2018 13:03
Berlian Gastronomi, Jamur Rp 1,2 M Ini Diburu Crazy Rich
Jakarta, CNBC Indonesia- Berapa budget Anda untuk membeli jamur? Orang kaya membeli jamur tidak dengan harga yang murah. Bahkan seorang crazy rich rela membayar US$85 ribu atau Rp1,2 miiiar hanya untuk membeli jamur.

Tahun lalu, satu set jamur truffle Alba yang beratnya tak sampai 1 kilogram terjual dengan harga lebih dari US$85 ribu atau Rp1,2 miiiar. Meski demikian, ada jamur truffle yang dijual dengan harga US$4 ribu atau sekitar Rp57 jutaan setengah kilogram.

[Gambas:Video CNBC]


Jamur truffle hanya tumbuh di dekat pohon-pohon tertentu seperti oak di seluruh Eropa Tengah. Jamur jenis ini memang disebut-sebut sebagai jamur yang paling mahal dibanding jenis lainnya. 



Jamur menjadi mahal karena rasanya khas dan memiliki aroma tertentu. Jamur jenis ini sering disajikan di atas pasta atau risotto. 

"Ya, truffle memang mahal tapi kita berbicara tentang berlian gastronomi. Truffle putih memang paling mahal karena pertumbuhannya sangat dipengaruhi oleh iklim di musim tertentum," ujar salah satu perusahaan dutsributor jamur truffle Done4NY, Francesca Sparvoli, seperti dilansir dari CNBC Make It.

Jamur jenis ini hampir mustahil dibudidayakan karena butuh waktu bertahun-tahun untuk menghasilkan truffle. Jamur jenis ini juga sulit ditemukan. 

Vittorio Giordano selaku wakil presiden Urbani Truffle USA, Inc., yang memasok dan mendistribusikan truffle di seluruh dunia, mengatakan bawha perusahaan memiliki lebih dari 18 ribu pemburu dan broker di seluruh dunia untuk memenuhi permintaan pelanggan. 

Para pemburu tersebut bahkan menggunakan anjing yang dilatih khusus untuk membantu menemukan jamur truffle. "Pemburu truffle melindungi anjing mereka lebih dari istrinya," ujar Sparvoli.

Setiap pemburu truffle umumnya tak bisa menemukan hingga satu pound atau setengah kilogram biasanya hanya beberapa ons. Selain langka, jamur ini kehilangan 5% fari berat mereka setiap hari.

Untuk itu, ketika jamur didapatkan harus segera dipanen, diproses, dan dikirim ke pelanggan secepat mungkin agar harga tidak turun. 

"Dalam waktu kurang dari 36 jam, kita harus segera mengirimnya ke restoran," kata Giordano lagi. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading