Dengan Strategi ini, Maka Anda akan Menjadi Jutawan!

Lifestyle - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
02 September 2018 13:57
Dengan Strategi ini, Maka Anda akan Menjadi Jutawan!
Jakarta, CNBC Indonesia -- Mulanya, Michael Taylor bekerja dengan menjual obligasi untuk Goldman Sachs. Sekarang, dia fokus untuk membuat generasi muda memahami pentingnya berinvestasi sejak dini.

"Jika Anda mulai di usia 20-an dengan sejumlah investasi yang masuk akal, maka Anda tidak bisa menghindari kenyataan menjadi seorang jutawan," ujar Taylor dilansir CNBC International, Minggu (2/8/2018).

Kendati begitu, banyak anak muda sekarang yang menunda investasi. Rata-rata milenial tidak mempersiapkan diri untuk masa pensiun hingga akhir usia 30-an. Sementara separuh generasi lain tidak berinvestasi di pasar saham. Temuan-temuan yang disampaikan TD Ameritrade itu membuat Taylor khawatir.


Taylor lantas memberi ilustrasi betapa besar kehilangan seseorang yang menunda investasi.

Katakanlah seseorang berusia 55 tahun menginvestasikan 5.500 dolar AS ke dalam dana pensiun dengan return 10 persen. Dengan begitu, saat dia berusia 65 tahun, maka jumlah itu akan bertambah menjadi 14.265 dolar AS. Lumayan, kan?

Namun, jika seseorang berusia 20 tahun menginvestasikan dana sejak awal dengan jumlah return yang sama, maka jumlah itu akan membengkak menjadi lebih dari 600 ribu dolar AS saat mereka berusia 70 tahun.

"Kita memiliki persepsi yang salah bahwa menjadi kaya tidaklah mungkin. Hambatan untuk menjadi jutawan relatif kecil asalkan Anda memulai lebih awal," kata Taylor.

Yang pasti, banyak anak muda khawatir membayar utang ketimbang membangun kekayaan. Rata-rata utang milenial 15 ribu dolar AS, menurut TD Ameritrade. Utang pelajar yang semakin meningkat menjadi masalah karena rata-rata peminjam membayar hampir 400 dolar AS per bulan.

Akan tetapi, jika Anda menunggu sampai Anda melunasi seluruh utang Anda untuk berinvestasi, maka tujuan Anda akan lebih sulit diwujudkan.

"Jika Anda terlambat mulai, maka Anda tidak akan pernah dapat mengejar orang yang memulai lebih awal dengan jumlah yang sama," ujar Taylor.

Jika Anda mulai lebih dini, hidup akan lebih sederhana.

"Itu membutuhkan pengaturan 5 dolar AS per hari dan kemudian tidak melakukan apapun selama 50 tahun," kata Taylor.

Jika Anda menghemat 5 dolar AS per hari dalam sebuah dana investasi dengan return 10 persen, maka Anda akan memiliki sekitar 30 ribu dolar AS dalam 10 tahun, 330 ribu dolar AS dalam 30 tahun, dan 2,3 juta dolar AS dalam 50 tahun.
Dengan Strategi ini, Maka Anda akan Menjadi Jutawan!  Foto: Arie Pratama
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading