Cerita Daylen Reza, Meraup Ratusan Juta Rupiah Lewat eSports

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
02 September 2018 12:52
Di Indonesia, eSports sudah mulai dilirik sejak keberadaan Dota atau sekitar 3-4 tahun yang lalu.
Jakarta, CNBC Indonesia - Ranah eSports sedang berkembang di seluruh dunia. Di Indonesia, eSports sudah mulai dilirik sejak keberadaan Dota atau sekitar 3-4 tahun yang lalu.

Walau hanya sebuah permainan, eSports ternyata dapat menghasilkan pundi-pundi yang tidak main-main. Hal itu diakui Daylen Reza selaku leader atau kapten Saints Indo. Sebagai wiraswasta, Daylen mencoba peruntungan baru menjadi player sejak 2016 lalu.

"Saya juga masih usaha buka toko aksesori handphone. Saat dagang dulu lumayan bisa beli mobil dan motor sport. Tapi dipikir-pikir ada beban, yaitu bayar tagihan dan utang jadi saya coba main games dan menghasilkan karena menang tanpa modal," ujar Daylen kepada CNBC Indonesia, Selasa (28/8/2018).


Ia pun mengakui pendapatan di dunia eSports tergolong menjanjikan. Apalagi games sudah meledak beberapa tahun belakangan. Tak tanggung-tanggung uang Rp 100 juta pun bisa di kantongi setiap bulan.


Daylen pun menceritakan, sejak tahun lalu mulai membentuk tim sendiri dengan menarik pemain-pemain top global sebanyak 4-5 orang. Selama menjadi leader pertama kali, timnya mendapat Rp 40 juta. Namun, sekarang karena semakin dikenal, eSports pun bisa menyediakan hadiah senilai Rp 1 miliar bagi tim yang menang. Dengan begitu, setiap orang bisa mendapatkan Rp 500 juta.
Foto: CNBC Indonesia/Lynda Hasibuan

Pria yang fokus pada Mobile Legends ini mengatakan bahwa pendapatan lain adalah dari sponsor yang mengontrak. Dia pun mendapatkan uang setiap bulan selama kontrak berlaku.

Meski mendapatkan pendapatan yang mumpuni, Daylen tak serta merta berinvestasi dengan barang-barang atau properti. Dia menggunakan uang itu untuk mengembangkan internal tim agar jauh lebih baik dan semakin sukses.

Pundi-pundi keuangan Daylen ini semakin bertambah belakangan. Sebab, selain menjadi leader bahkan terkadang menerima menjadi private top up, dia juga memiliki channel Youtube sendiri sebagai informasi para pecinta Mobile Legends.

"Monetisasi uang tiap bulan, yaitu tanggal 22 dapat dari Google. Dari Youtube tergantung beda-beda kalau biasa akhir tahun dan bulan puasa bisa di angka puluhan juta. Akhir tahun Rp 50 juta ke atas karena banyak yang pasang iklan. Tapi tiap minggu harus ada video minimal 3-4 karena punya target 1 juta subsciber," kata dia.
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading