Terkaya di Dunia, Harta Keluarga Kerajaan Ini Rp 20.400 T!

Lifestyle - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
19 August 2018 07:25
Terkaya di Dunia, Harta Keluarga Kerajaan Ini Rp 20.400 T!
Jakarta, CNBC Indonesia - Keluarga kerajaan Inggris memang terlihat hidup mewah dan diperkirakan memiliki nilai aset bersih US$88 miliar (Rp 1.282 triliun), menurut firma konsultasi bisnis Brand Finance.

Namun, nilai kekayaan itu ternyata masih jauh dari apa yang dimiliki keluarga kerajaan terkaya di dunia.

Gelar itu tampaknya jatuh kepada keluarga kerajaan Arab Saudi yang biasa disebut House of Saud. Klan darah biru ini terdiri dari 15.000 anggota keluarga meskipun sebagian besar kekayaan itu dikuasai oleh hanya sekitar 2.000 orang di antaranya.


Nilai kekayaan bersih House of Saud diperkirakan mencapai US$1,4 triliun atau lebih dari Rp 20.400 triliun! Sebagai referensi, nilai aset itu sekitar 16 kali kekayaan yang dimiliki keluarga kerajaan Inggris, dilansir dari CNBC International.


Sama seperti rekannya di Inggris, keluarga kerajaan Arab diketahui sangat merahasiakan kekayaannya. Namun dari yang diketahui publik, keluarga Arab ini menjalani kehidupan yang cukup bikin iri orang-orang kebanyakan.

Gaya hidup mereka terkenal menghabiskan banyak uang, bepergian menggunakan jet pribadi, yacht atau kapal pesiar mewah, helikopter, memiliki istana yang tersebar di mana-mana dengan mebel-mebel berlapiskan emas. Bahkan tempat tisu toiletnya pun berlapis emas.

Namun, anggota keluarga kerajaan Arab juga membantu mereka yang membutuhkan melalui beberapa organisasi amal dan berinvestasi untuk pengembangan sumber daya manusia di negara penghasil minyak itu. Baru-baru ini, negara tersebut menyumbangkan jutaan dolar kepada Bank Dunia (World Bank/ WB) yang ditujukan bagi perempuan wirausaha. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading