Internasional

Tinggalkan TV, Laga Juventus Tayang di Layanan Streaming

Lifestyle - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
16 August 2018 16:36
Tinggalkan TV, Laga Juventus Tayang di Layanan Streaming
Jakarta, CNBC Indonesia - Klub sepak bola Italia Juventus meluncurkan saluran digital untuk menggantikan stasiun televisi tradisionalnya yang telah ditutup setelah 12 tahun beroperasi. Penutupan itu terjadi menyusul peringkat yang mengecewakan dan biaya operasional yang tinggi.

Dengan menyiarkan konten secara online, klub Serie A ini ingin menawarkan lebih banyak kesempatan bagi para penggemar untuk tetap up to date melalui layanan yang bisa diakses dari smartphone, tablet, dan desktop pada saat musim sepak bola baru dimulai.

Tinggalkan TV, Laga Juventus Tayang di Layanan StreamingFoto: Aristya Rahadian Krisabella
Para anggota fans club Juventus akan dapat mengakses layanan dengan biaya 2,99 euro (Rp 49.738) per bulan atau 14,99 euro setahun, sedangkan untuk non-member akan dikenakan 3,99 euro per bulan dan 19,99 euro setahun.


Ini adalah langkah terbaru yang dilakukan Juventus agar diakui sebagai merek global, setelah sebelumnya memboyong Cristiano Ronaldo ke klub dengan biaya transfer sebesar 100 juta euro.

Ronaldo, yang telah menyabet gelar pemain terbaik dunia sebanyak lima kali itu diperkirakan akan membuat debut liga pada hari Sabtu (18/8/2018).


Pertandingannya tentu akan ditayangkan di platform baru. Begitu juga dengan aksi pertandingan dari jadwal Serie A selanjutnya, UEFA Champions League, dan Coppa Italia, dengan statistik tayang pada jam yang sama (real-time) dan layanan 'multi-cam' yang memungkinkan penggemar dapat lebih banyak berinteraksi, CNBC International melaporkan.

Variasi yang tersedia juga mencakup konten pemain eksklusif dan cuplikan 'di balik layar' pertandingan, juga pra dan pasca-pertandingan yang dibuat langsung dari Stadion Allianz klub.

Sang Nyonya Tua memiliki pertandingan klasik dan rekaman legenda eksklusif, yang juga akan menjadi daya tarik bagi penggemar lama. Sementara itu, untuk para pendukung yang lebih muda, disediakan layanan khusus untuk anak-anak.

Tahun ini Juventus sudah beberapa kali mencoba menjangkau penonton online. Pada bulan Februari, klub menayangkan dokumenter Netflix perdana 'First Team: Juventus'.

Mulai akhir pekan ini, penggemar Ronaldo dan tim barunya akan mendapatkan kesempatan untuk mencicipi liputan sepakbola Italia dari penyiar Eleven Sports Network. Platform streaming itu akan menampilkan satu pertandingan sepak bola papan atas Italia seminggu secara langsung, dan gratis, di Facebook.

Pertandingan pertama yang akan ditampilkan adalah debut Ronaldo untuk Juventus. Eleven Sports Network juga akan menampilkan pertandingan dari La Liga Spanyol setelah membeli hak siar dari BT dan Sky, melansir CNBC International.

Sebagai upaya melebarkan sayap ke Inggris dan Irlandia, Eleven Sports Network mengatakan pekan lalu bahwa perusahaan telah menjadikan Facebook sebagai mitranya untuk siaran pertandingan gratis dalam pertandingan yang melibatkan klub, seperti Real Madrid, Barcelona, Juventus, dan Napoli.

Sebagian besar program Eleven akan tersedia di aplikasi atau online seharga 6,99 pound (US$8,90) per bulan, sementara grup ini juga sedang dalam pembicaraan dengan platform TV lainnya. Berbagai perusahaan teknologi telah meningkatkan fokus mereka pada live streaming tayangan olahraga dalam upaya untuk menarik penonton muda di platform mereka. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading