Internasional

Trump Main Golf di Skotlandia, Inggris Tanggung Biaya Rp 95 M

Lifestyle - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
06 July 2018 17:05
Trump Main Golf di Skotlandia, Inggris Tanggung Biaya Rp 95 M
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump diperkirakan akan bermain golf di salah satu lapangan golf miliknya di Skotlandia minggu depan, sebuah rencana yang dapat membebani pembayar pajak Inggris sebanyak 5 juta poundsterling atau sekitar Rp 95 miliar.

Trump akan melakukan kunjungan resmi pertamanya ke Inggris pada 13 Juli dan direncanakan akan bertemu Ratu Elizabeth II dan Perdana Menteri Theresa May. Trump juga dilaporkan akan makan bersama para pemimpin bisnis di Blenheim Palace, bekas rumah Winston Churchill.

Setelah tugas-tugas resmi, Trump diperkirakan akan melakukan perjalanan ke utara perbatasan di akhir pekan untuk bermain di salah satu dari dua lapangan golf yang dimilikinya di Skotlandia. Dia diperkirakan tidak akan menjalankan urusan bisnis resmi selama akhir pekan.


Polisi Skotlandia memperkirakan biaya keamanan untuk kunjungan golf Trump bisa mencapai sekitar 5 juta poundsterling dan membutuhkan lebih dari 5.000 petugas. Setelah seorang anggota parlemen Skotlandia mengajukan pertanyaan tentang siapa yang akan membayar biayanya, Downing Street mengatakan akan menanggungnya.

Menteri Keuangan Inggris Liz Truss menegaskan pengaturan itu kepada pemerintah Skotlandia melalui surat resmi yang kemudian dipublikasikan ulang di Twitter.

Dalam surat itu, Truss mengatakan pemerintah Inggris akan memberikan transfer dana jaminan hingga 5 juta poundsterling untuk menutupi biaya yang harus dikeluarkan oleh kepolisian Skotlandia jika kunjungan presiden itu benar-benar terjadi, CNBC International melaporkan.


"Saya telah menegaskan bahwa jika Presiden Trump mengunjungi Skotlandia, kami akan memberikan dana kepada Pemerintah Skotlandia untuk menutupi biaya keamanan yang dibutuhkan."

Demonstrasi menentang kunjungan Trump akan terjadi di kota-kota di seluruh Inggris, dua aksi protes terjadi di Skotlandia, satu di Glasgow pada 13 Juli, dan satu lagi di Edinburgh pada hari berikutnya.

Trump memiliki hubungan keluarga yang kuat dengan Skotlandia karena ibunya, Mary Anne Macleod Trump, lahir di Isle of Lewis pada tahun 1912.

Popularitas pribadinya di negara ibunya telah rusak sejak tahun 2006 ketika ia membeli area pesisir seluas 1.400 hektar di utara Aberdeen dan mengubahnya menjadi sebuah resor golf.

Perkembangan ini awalnya ditolak oleh politisi lokal, tetapi pemerintah pusat Skotlandia, yang tertarik pada janji penciptaan lapangan pekerjaan, membatalkan keputusan awal dan mengizinkan proyek diteruskan.

Trump International Golf Links kini telah semakin banyak dikritik karena melakukan perluasan. Banyak penduduk sekitar mengaku terancam digusur dan pemerhati lingkungan juga telah memperingatkan akan terjadinya berbagai kerusakan di bukit pasir berusia 4.000 tahun tersebut.

Trump kemudian membeli resor Turnberry yang terkenal di dunia yang sering digunakan untuk turnamen golf Open Championship. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading