Para Buruh, Ini 5 Strategi untuk Minta Naik Gaji

Lifestyle - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
01 May 2018 14:56
Para Buruh, Ini 5 Strategi untuk Minta Naik Gaji
Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah pekerja belum puas dengan gaji mereka. Ketika Anda merasa masih dibayar rendah tak sesuai dengan tugas yang dikerjakan coba lah minta naik gaji. Namun perlu berhati-hati karena permintaan tersebut tidaklah mudah dilakukan.

Dilansir dari CNBC internasional, berikut lima strategi minta naik gaji dengan cara halus dan tidak mengintimidasi.

1. Dekati Atasan Sejak Jauh Hari


Career strategist di perusahaan SoFi, Rachel Kim, menyarankan untuk membangun hubungan baik dengan atasan beberapa bulan sebelum minta kenaikan gaji. Ini merupakan strategi halus untuk berbicara lebih terbuka dengannya mengenai pekerjaan yang sudah lama dijalani.

"Ada baiknya Anda memiliki waktu untuk membangun hubungan dengan atasan. Ketika Anda sudah siap mengajukan permintaan, jadwalkan pertemuan khusus dengan atasan dan jelaskan kalau Anda ingin membicarakan seputar kompensasi serta pertumbuhan personal di perusahaan," saran Kim.

2. Siapkan Berkas Pendukung

Jangan hanya mau naik gaji tapi Anda tak menghasilkan apa pun untuk perusahaan. Pastikan memang Anda berhak mendapat kenaikan gaji karena telah berbuat banyak dalam pengembangan perusahaan.

Ketika ingin minta naik gaji, ahli negosiasi Keld Jensen menyarankan untuk membawa berkas pendukung sebagai bukti bahwa Anda telah menguntungkan perusahaan. Usahakan kalau Anda minta naik gaji di waktu yang tepat misalnya setelah memenangkan proyek kantor.

Tidak lupa siapkan mental dan luangkan waktu untuk memikirkan apa yang paling diinginkan bos dan jawaban terbaik ketika pertanyaan tersebut datang.

3. Gunakan Bahasa yang Tepat

Penting memikirkan bahasa yang tepat saat minta naik gaji. "Pertama, nyatakan penghargaan atas kesempatan bisa bergabung dengan tim dan perusahaan. Beritahukan apa yang Anda telah pelajari, bagaimana Anda tumbuh, dan ceritakan beberapa keberhasilan Anda untuk perusahaan demi mendukung permintaan naik gaji," pesan Kim.

Menggunakan bahasa yang mengungkapkan tujuan dan minta bersama bisa membantu mewujudkan harapan Anda. Wanita penting mempelajari hal ini karena lebih didominasi perasaan. Harvard's Kennedy School of Government Professor Hannah Riley Bowles memberi pesan kepada wanita agar tampil jadi orang yang tidak egois dan peduli terhadap orang lain ketika negosiasi gaji. Lebih banyak menggunakan kata kita daripada saya sehingga atasan merasa tidak terintimidasi.

4. Buat Pertanyaan

Saat minta naik gaji, jangan langsung membuat pernyataan ingin kenaikan sekian. Namun harus dengan cara halus agar atasan tidak terintimidasi.

"Setelah apa yang sudah saya jelaskan, saya berharap kita bisa membuka dialog tentang meningkatkan kompensasi sebesar X persen (gaji lebih tinggi). Bagaimana menurut Anda?" rekomendasi Kim.

5. Tidak Melulu Soal Uang

Jika perusahaan tidak bisa menawarkan kenaikan gaji pertimbangkan untuk negosiasi hari libur, waktu kerja, atau tugas di kantor.

Penelitian menunjukkan bahwa 75% dari permintaan kenaikan gaji memberikan keuntungan untuk Anda. Bahkan jika tidak berhasil, Anda akan mendapat umpan balik yang berharga dari perusahaan untuk kemungkinan naik gaji di masa depan.
(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading