Internasional

Cerita Jutawan AS yang Malas Pakai Kartu Kredit

Lifestyle - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
15 January 2018 15:35
Cerita Jutawan AS yang Malas Pakai Kartu Kredit
Jakarta, CNBC Indonesia - Mayoritas masyarakat Amerika Serikat (AS) memiliki kartu kredit dan lebih dari setengah pemegang kartu kredit menggunakan kartunya untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Namun Anda akan jarang sekali melihat jutawan Jay Leno menggunakan instrumen pembayaran yang sudah sering digunakan ini.
Jay LenoFoto: CNBC
Jay Leno

“Saya tidak menyewakan sesuatu. Saya tidak membeli sesuatu dengan utang,” kata mantan pembawa acara “Tonight Show” itu kepada CNBC Make It. “Jika tidak mampu, saya tidak akan membelinya.”

Termasuk rumah, ujar Leno: “Saya tidak membeli rumah sampai saya punya cukup uang tunai untuk membelinya. Memang ini hal gila. Tidak semua orang dapat melakukannya [membeli rumah secara tunai], dan tidak banyak yang bisa, namun saya cukup beruntung bisa melakukannya dan itulah yang saya lakukan.”


“Harus menuliskan cek untuk membayar sesuatu setiap bulannya bisa membuat saya gila,” lanjut sang komedian. “Saya hanya akan membelinya [secara tunai]. Ini uangnya, berikan saya barangnya, terima kasih, hubungan kita selesai.”

Dilansir dari CNBC Make It, miliuner Mark Cuban juga sama skeptisnya dengan Leno mengenai penggunaan kartu kredit.

Terutama untuk Anda yang berniat menabung, jangan gunakan kartu kredit, ujar bintang reality show AS “Shark Tank” dan pemilik klub basket Dallas Maverick itu.
Mark CubanFoto: CNBC
Mark Cuban

“Bagi saya, hal tersulit yang pernah saya pelajari adalah saat tagihan kartu kredit saya membengkak,” ujar Cuban. “Saya membeli sesuatu yang saya pikir bisa saya bayarkan dengan kartu kredit namun ternyata tidak bisa saya lunasi. Saya tidak tahu sudah berapa kali saya menutup kartu kredit.”

Dengan bunga selangit, yang biasanya mencapai 16,7%, tidak melunasi tagihan Anda secara penuh setiap bulannya akan membebani Anda dengan biaya yang cukup besar dalam jangka panjang. Sayangnya, banyak orang jatuh ke dalam kebiasaan ini dan tidak dapat melunasi saldo mereka.

Perusahaan kartu kredit memberi kemudahan untuk menghabiskan uang yang tidak Anda miliki: banyak kartu yang membolehkan Anda membayar 1%-3% dari saldo tagihan Anda tiap bulannya, dan hal itu  merupakan tawaran yang menggiurkan untuk anggaran belanja Anda yang ketat.

Saat Anda menjadi pribadi dewasa yang mandiri, sangat penting untuk membuat catatan kredit yang baik – yang memudahkan Anda membeli sesuatu yang lebih besar di kemudian hari, seperti mobil atau rumah – dan satu-satunya cara untuk dapat melakukannya adalah dengan membuat kartu kredit.

Berita baiknya, jika Anda mengikuti panduan dasarnya dengan baik, Anda bisa menggunakan kartu kredit tanpa harus terjerat utang di kemudian hari.

Namun, jika Anda tidak mampu membayar penuh atau jika Anda sudah terlilit utang kartu kredit, solusi membayar tunai ala Cuban dan Leno bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading