Internasional

Deretan Selebritas Ini Ingin Oprah Jadi Presiden di 2020

Lifestyle - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
10 January 2018 12:07
Deretan Selebritas Ini Ingin Oprah Jadi Presiden di 2020
Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah menyampaikan pidato yang menyentuh banyak pemirsa dalam acara penghargaan film Golden Globe hari Minggu (7/1/2018), Oprah Winfrey diminta sederet selebritas ini untuk mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat pada 2020 mendatang.

Pendukungnya tidak main-main. Beberapa di antaranya adalah aktivis hak-hak sipil Reverend Jesse Louis Jackson Sr., komedian Seth Meyers, aktris dan komedian Sarah Silverman, dan pasangan Oprah, Stedman Graham.

Pembawa acara Golden Globe malam itu, Seth Meyers yang memulai spekulasi ini dalam monolognya tentang bagaimana logika berpikir psikologi terbalik bisa saja membuat Oprah mencalonkan diri sebagai presiden, dilansir dari CNBC Make It.


“Pada 2011 lalu, saya membuat candaan tentang presiden kita saat ini [Donald Trump] di acara makan malam Gedung Putih. Candaan itu tentang tidak layaknya ia menjadi seorang presiden,” ujar pembawa acara talk show tengah malam NBC itu.

“Dan beberapa orang berpendapat kalau candaan itu membuat Trump yakin untuk mencalonkan diri. Dan jika hal itu benar, saya ingin mengatakan bahwa Oprah, Anda tidak akan pernah menjadi presiden.”

Pembicaraan mengenai potensi Oprah menjadi presiden menyebar makin cepat setelah ia menyampaikan pidato atas penghargaan Golden Globes' Cecil B. DeMille Award untuk pencapaian seumur hidup malam itu.

Meski Oprah membantah berencana mencalonkan diri sebagai presiden, pasangan Oprah, Graham, mengatakan kepada Los Angeles Times bahwa keputusan pencalonan itu adalah murni keputusan publik, demikian laporan Bloomberg.

“Semuanya terserah pada masyarakat,” ujarnya kepada surat kabar tersebut hari Minggu saat ditanyai perihal pencalonan presiden itu. “Dia pasti melakukannya [mengikuti permintaan masyarakat].”

aktris papan atas dan peraih Golden Globe tahun lalu, Meryl Streep, mengatakan kepada Washington Post bahwa Oprah “telah meluncurkan roket” pada Minggu lalu.

“Saya ingin ia mencalonkan diri sebagai presiden,” ujar Streep. “Saya pikir dulu ia tidak berpikir untuk mencalonkan diri. Namun sekarang ia tidak punya pilihan lain.”

Streep menjuluki pidato Winfrey sebagai “sesuatu yang sangat menggairahkan.”

“Ia menjalankan sebuah perusahaan besar. Dia dapat memimpin negara, bukan menjatuhkannya,” tambah Streep.

Oprah memulai pidatonya dengan menceritakan kehidupan pribadi dan karirnya, membahas pentingnya menjadi perempuan kulit hitam pertama yang memenangkan penghargaan bergengsi, dan menutupnya dengan memberi saran untuk industri media agar terus membuat perubahan.

“Saya ingin semua wanita menyaksikan ini di sini dan sekarang, agar mereka mengetahui bahwa hari baru ada di depan mata,” ujar Oprah tentang perlawanan terhadap pelecehan seksual yang terus menjadi pembicaraan hangat di Hollywood.

“Dan saat hari baru itu akhirnya benar-benar datang, itu karena ada banyak wanita hebat, yang beberapa di antaranya ada di sini, di ruangan ini, pada malam ini, dan beberapa laki-laki yang sangat fenomenal, yang berjuang keras memastikan diri bahwa mereka adalah para pemimpin yang selalu siap sedia untuk menyemangati kita saat tidak ada orang yang bersedia melakukannya.”
 
Berikut adalah beberapa selebritas yang meminta Oprah mencalonkan diri sebagai presiden di 2020.


1. Aktivis hak-hak sipil, Rev. Jesse Louis Jackson Sr. (@RevJJackson)
"@Oprah sangat layak menjadi presiden. Ia seorang pahlawan. Ia berintegritas, cerdas, dan mampu berkomunikasi dengan berbagai lapisan masyarakat Amerika, dari Appalachia sampai Mississippi; dari yang terkaya sampai termiskin. Ia membantu menegakkan moral kita di dunia. #visionary"

TwitterFoto: Twitter
Cuitan Rev. Jesse Louis Jackson Sr.

2. Pembawa acara televisi Joy-Ann Reid (@JoyAnnReid)
"Ketika Oprah berpidato di Golden Globes dan cita-citamu berubah menjadi WAPRES..."
Cuitan Joy ReidFoto: Twitter
Cuitan Joy Reid

3. Penyanyi country Billy Gilman (@BillyGilman)
"Aku terduduk dan menangis di sini... Aku belum pernah mendengar pidato seindah itu. @Oprah, temanku, calonkanlah dirimu menjadi presiden. Dunia ini butuh lebih dari sekadar ITU. WOW."

Cuitan Billy GilmanFoto: Twitter
Cuitan Billy Gilman

4. Penyanyi, aktris, dan model Janelle Monáe (@JanelleMonae)
"Saat PASTOR-mu juga menjadi PRESIDEN-mu. @Oprah . Terimakasih. #TIMESUP #goldenglobes"

Cuitan Janelle MonaeFoto: Twitter
Cuitan Janelle Monae

5. Penulis Best Seller Roxane Gay (@rgay)
"Presiden kita sedang memberikan pernyataan persatuan."

Cuitan Roxane GayFoto: Twitter
Cuitan Roxane Gay

6. Komedian dan pembawa acara talk show tengah malam Larry Wilmore (@larrywilmore)
"OPRAH JADI PRESIDENT!!!! #Oprah2020"

Cuitan Larry WilmoreFoto: Twitter
Cuitan Larry Wilmore

7. Aktris dan Komedian Sarah Silverman (@SarahKSilverman)
"Oprah/Michelle 2020", tulisnya dengan merujuk pada Michelle Obama, istri mantan Presiden AS Barack Obama

Cuitan Sarah SilvermanFoto: Twitter
Cuitan Sarah Silverman

8. Aktor dan produser John Stamos (@JohnStamos)
"#Oprah2020 !!!"

Cuitan John StamosFoto: Twitter
Cuitan John Stamos

9. Aktor dan Penyanyi Leslie Odom Jr. (@leslieodomjr)
"Ia [Oprah] mencalonkan diri. Hari baru segera tiba."

Cuitan Leslie Odom Jr.Foto: Twitter
Cuitan Leslie Odom Jr.

10. Eksekutif Perfilman Franklin Leonard (@franklinleonard)
"Jika kita menginginkan seorang milyuner, dialah milyuner sejati yang sukses karena kerja kerasnya sendiri. #Oprah2020"

Cuitan Franklin LeonardFoto: Twitter
Cuitan Franklin Leonard

Oktober tahun lalu, Oprah mengatakan ia tidak pernah mempertimbangkan kemungkinan mencalonkan diri sebagai presiden. Di acara “CBS This Morning”, ia menjawab pertanyaan teman lamanya, Gayle King, tentang calon wakil presiden potensial.

“Tidak akan ada pencalonan apapun yang akan kulakukan,” ujar Oprah pada King. Namun, CNN tetap melaporkan pada Senin lalu bahwa Oprah "sedang memikirkan’"rencana pencalonan dirinya sebagai presiden, berdasarkan informasi yang didapat dari dua teman dekatnya. (prm/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading