Kisah Hidup Oprah WInfrey, Pesohor Paling Dipuja di Amerika

Lifestyle - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
10 January 2018 18:19
Kisah Hidup Oprah WInfrey, Pesohor Paling Dipuja di Amerika
New York, CNBC Indonesia- Nama Oprah Winfrey masih jadi perbincangan hangat setelah sukses berpidato di acara penghargaan The Golden Globe, Minggu malam lalu. Sosoknya dinilai ideal untuk maju sebagai kandidat presiden di tahun 2020.

Pesohor media yang kini berusia 63 tahun itu menjadi wanita kulit hitam pertama yang memenangkan piala Cecil B. DeMille di ajang penghargaan the Golden Globe untuk kategori pencapaian terbaik sepanjang masa (lifetime achievement). Dalam pidato penerimaannya, Winfrey mengisahkan kehidupan pribadi dan karirnya, dan menyarankan industri media agar membuat perkembangan.

Seperti diberitakan di CNBC.com, keberhasilan Winfrey di media menjadikannya sebagai seorang milyuner pada 2003 lalu di usia 49 tahun, namun ia mengawali hidupnya dari nol. Lahir di pedesaan Mississippi dari ibu muda yang tidak menikah, dia hidup dalam kemiskinan dan mengalami pelecehan seksual selama bertahun-tahun.


Dia dikucilkan oleh anggota keluarga lainnya sampai kehidupan yang lebih baik muncul didepan matanya: rumah ayahnya yang terletak di Nashville, Tennessee, menjadi tujuannya melanjutkan hidup di usia14 tahun. Kepindahannya mengubah jalan hidup Winfrey. Ia berkembang pesat di SMA, memperoleh penghargaan dan beasiswa penuh di Tennessee State University.

Winfrey mengambil risiko berhenti kuliah untuk mengejar karir di media. Namun pengorbanannya terbayarkan. Ia merupakan wanita kulit hitam pertama yang berhasil menjadi presenter berita sebelum usianya genap 20 tahun, yang awalnya hanya memiliki sedikit pekerjaan sebagai pembaca berita lokal di Nashville sebelum akhirnya menempati posisi presenter berita di Baltimore. Dia dilecehkan  dan dipermalukan secara seksual saat bekerja Baltimore dan kemudian dipecat setelah delapan bulan bekerja.

Bukannya panik, Winfrey malah menenangkan diri. Dia mendapat pekerjaan sebagai pembawa acara the morning talk show ‘AM Chicago’ yang dulunya stagnan dan mengubahnya menjadi talk show nomer satu di wilayah tersebut hanya dalam waktu beberapa bulan.

Setahun kemudian, pada 1986, program tersebut diberi nama baru, “The Oprah Winfrey Show.” Yang berhasil menjadi talk show dengan rating tertinggi sepanjang sejarah pertelevisian. Kesuksesan itu membuka jalan bagi Winfrey dan membuatnya mendapat upah jutaan pertamanya, namun hal tersebut hanyalah awal dari sebuah karir yang lebih luas dan menguntungkan.

Sejak saat itu, Winfrey dilibatkan dalam film, seri tv, dan drama. Untuk debut aktingnya di drama keluaran 1985 “The Color Purple”, ia masuk nominasi  Academy Award dan Golden Globe. Ia juga menerbitkan majalahnya sendiri, membuat saluran radio, bekerjasama dengan perusahaan Discovery Communications merilis saluran kabel (berbayar) yang dinamai the Oprah Winfrey Network, dan membuat rumah amal pribadi. Saat ini, Winfrey diperkirakan memiliki kekayaan bersih senilai $2.8 miliar dan dia tidak menunjukan tanda-tanda kebangkrutan. (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading