Mau Produk Investasi Tahan Banting? Cek Produk SPTP Ini

Investment - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
25 January 2023 17:02
Ilustrasi Reksa Dana. (Dok: Freepik) Foto: Ilustrasi Reksa Dana. (Dok: Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Virus Covid-19 yang belum sepenuhnya hilang, konflik Ukraina-Rusia yang masih berlanjut tahun ini penuh ketidakpastian. Berbagai tantangan ini menimbulkan tekanan pada perekonomian global dan disebut dapat berdampak pada resesi ekonomi.

Financial Storyteller, Felicia Putri Tjiasaka mengatakan kondisi ketidakpastian ekonomi membuat pasar investasi sempat mengalami down dalam 2-3 tahun belakangan.
Meski demikian, bukan berarti investor harus mundur dan berhenti berinvestasi. Di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu ini, dia menilai investasi harus tetap berjalan sebagai bekal persiapan di masa depan.

Malahan, di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu ini, investasi dinilainya tetap harus jalan terus sebagai bekal persiapan di masa depan. Felicia mengatakan di tengah kondisi ini, dirinya tetap berinvestasi pada banyak saham, reksa dana, hingga kripto. Namun secara spesifik dia menuturkan Reksa Dana Pendapatan Tetap Syailendra Pendapatan Tetap Premium (SPTP) jadi pilihan yang tepat di tengah situasi tidak menentu seperti saat ini.

"Reksa dana Syailendra Pendapatan Tetap Premium (SPTP) itu bagus, itu menawarkan kestabilan bagi para pencari kepastian," ujarnya beberapa waktu lalu di video SPOD.

Adapun salah satu produk yang bisa jadi pilihan masyarakat adalah Syailendra Pendapatan Tetap Premium (SPTP) milik PT Syailendra Capital. SPTP cocok menjadi pilihan investasi di tengah pasar yang tidak pasti. Kebijakan kenaikan suku bunga beberapa waktu lalu justru memberikan dampak positif bagi kinerja SPTP.

Hal ini karena SPTP merupakan reksa dana pendapatan tetap yang fokus berinvestasi pada obligasi korporasi durasi pendek yang tidak terlalu sensitif terhadap kenaikan suku bunga dan inflasi. SPTP juga berinvestasi pada obligasi korporasi yang berperingkat layak investasi (Investment Grade) sehingga memiliki risiko kredit yang rendah.

Hal ini membuat kinerja SPTP konsisten unggul dan selalu mencatatkan imbal hasil tahunan yang positif sejak peluncurannya dengan tingkat volatilitas yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan RDPT dan bahkan indeks lainnya secara historis.

Syailendra CapitalKinerja SPTP Sejak Diluncurkan


Selain itu, SPTP bisa berinvestasi pada obligasi pemerintah untuk mengambil momentum trading sambil menunggu obligasi korporasi yang cocok. Strategi taktis juga dapat dilakukan seperti berinvestasi ke saham namun sangat selektif dalam porsi minim dengan hanya memilih saham yang berfundamental baik dan dikelola secara high conviction supaya tingkat volatilitas tetap terjaga.
Hal ini dimungkinkan karena SPTP memiliki komposisi alokasi aset 80-100% pada efek bersifat utang, 0-20% pada efek pasar uang, dan 0-15% pada efek ekuitas.

Syailendra CapitalSyailendra Pendapatan Tetap Premium (SPTP)



Dengan kinerjanya yang sangat baik, SPTP mendapatkan 5 star rating dari infovesta dan berhasil meraih berbagai penghargaan bergengsi.

"Produk Syailendra Pendapatan Tetap Premium (SPTP) dapat dibeli di Aplikasi YO! Inves, Bareksa, Ajaib, Pluang, dan Trimegah Sekuritas," tulis Syailendra dikutip dari akun Instagram resmi @reksadana.syailendra.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Investasi Ini Diramal Cuan Meski Krisis Menyerang


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading