Harga Emas Antam 28 Juni: Diskon Nih! Bisa Lebih Murah?

Investment - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
28 June 2022 09:13
Emas Antam

Jakarta, CNBC Indonesia - Melansir data dari situs resmi milik PT Aneka Tambang (Persero) Tbk, harga emas batangan Logam Mulia turun Rp 6.000 per gram menjadi Rp 988.000 pada perdagangan Selasa (28/6/2022). Harga buyback (harga yang digunakan ketika menjual emas kembali) juga turun Rp 7.000 per gram menjadi Rp 866.000/gram.

"Harga jual kembali adalah sama untuk semua pecahan dan tahun produksi. Untuk transaksi buyback silakan menghubungi Butik Emas LM terdekat dengan jam layanan pada hari kerja Senin-Jumat. Pembayaran dilakukan secara transfer pada H+2 s/d H+3 (hari kerja). Jika kemasan rusak atau hilang dikenakan potongan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku," jelas keterangan di situs Antam.


Harga emas Antam sejalan dengan harga emas dunia yang turun pada perdagangan kemarin. Pada Senin (27/6/2022) harga emas dunia di pasar spot tercatat US$ 1.822.73/troy ons, turun 0,19% dibandingkan harga penutupan sebelumnya.

"Emas melemah karena aksi jual pasar obligasi berlanjut setelah melemahnya permintaan dari lelang obligasi pemerintah Amerika Serikat (AS)," Edward Moya, Analis senior OANDA, seperti dikutip dari Reuters.

"Dalam jangka pendek, prospek emas beragam karena ada ketidakpastian besar musim panas ini, dengan kemungkinan Federal Reserve yang lebih agresif di satu sisi dan risiko resesi di sisi lain."

Kenaikan imbal hasil (yield) obligasi membuat emas dunia menjadi kurang menarik. Sebab biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil (non yielding asset) meningkat. Yield obligasi AS tenor 10 tahun tercatat 3,2%.

Sementara itu, para analis mengatakan rencana Inggris, Amerika Serikat, Jepang dan Kanada untuk melarang impor emas Rusia guna memperketat sanksi terhadap Moskow mungkin hanya memiliki dampak fundamental yang terbatas.

"Tidak banyak emas yang diekspor ke negara-negara G-7, terutama karena kurangnya penerbangan dari Rusia sejak perang dimulai. Dampak pada harga emas sejauh ini dapat diabaikan," ujar Stephen Innes, Managing Partner di SPI Asset Management.

Analis pasar Reuters Wang Tao melihat peluang harga emas dunia untuk turun terbuka lebar. "Emas spot dapat menembus support di US$ 1.821/troy ons, dan jatuh ke kisaran US$ 1.801 - US$1.812/troy ons," kata Wang.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bunda Pasti Happy Nih! Harga Emas Antam Naik Lagi


(ras/ras)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading