InvesTime

Simak! Ini Bahaya Menggunakan Robot Trading Saat Main Saham

Investment - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
17 November 2021 17:10
A darkened television studio is seen at the offices of TMX Group, which operates the Toronto Stock Exchange, after the company announced it was shutting down all markets for the rest of the day after experiencing issues with trading on all its exchange platforms in Toronto, Ontario, Canada April 27, 2018.  REUTERS/Chris Helgren

Jakarta, CNBC Indonesia - Robot trading yang jadi fenomena saat ini bukan hanya membawa keuntungan. Namun juga bisa berbahaya bagi penggunanya.

Robot trading juga bisa jadi ajang tipu-tipu penggunanya. Ini terjadi di luar sekuritas untuk menggunakan robot trading dan memiliki sistem yang serupa.

Sistem itu memberikan sinyal hingga memberikan waktu penjualan, namun ternyata tidak bisa ditarik pada saat telah tiba.


"Begitu udahan semuanya ngehang enggak bisa narik. Ilang aja langsung. Itu yang hati-hati, karena uangnya ditaruh di ssitu sinyal sekaligus uang nya di situ. Lebih aman enggak bisa bilang tipu-tipu sih kalau saya bilang," jelas Branch Manager Panin Sekuritas Bandung, Vivi Vimalasari, saat Investime CNBC Indonesia, Rabu (17/11/2021).

Namun sebenarnya untuk sekuritas, fasilitas robot trading untuk mempermudah saat transaksi trading secara online. Sebab jika menggunakan broker bisa saja terlewat karena ada kendala memiliki beberapa nasabah.

Soal ketergantungan menggunakan robot trading, dia menjelaskan itu tergantung hasilnya. Jika terus mendapatkan keuntungan kemungkinan bisa ketagihan namun jika rugi akan kapok.

"Kalau ketagihan untung enggak apa-apa, kalau rugi jangan," ungkap Vivi.

Selain itu, Vivi mengatakan pengguna robot trading tetap perlu melakukan pengecekan. Sebab jangan sampai tetap membeli padahal market lagi turun.

Jadi harus tetap diperbarui atau refresh tiap harinya. Jadi digunakan saat diinginkan saja.

"Karena secara aturan tiap hari mesti order. Jangan sampai kelupaan. Terus kalau misalnya market turun dalam kita pasang beli kebanyakan keburu kena, itu juga salah satunya risiko. Tetap kita jaga dari hari ke hari," jelasnya.

Masalah lainnya adalah kemungkinan ada kendala koneksi internet. Selain juga salah memasang aturan untuk robot trading bekerja.

"Kurang lebih rule takut salah ngerti. Ada salah beda persepsi. Dipastiin syarat-syaratnya," kata Vivi.


[Gambas:Video CNBC]

(npb/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading