Mau Bisa YOLO dan Punya Tabungan Hari Tua? Ini Rahasianya

Investment - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
03 November 2021 11:15
Ilustrasi (Photo by Pavel Danilyuk from Pexels)

Jakarta, CNBC Indonesia - Milenial biasanya dikenal sebagai generasi yang menjalani hidup dengan motto You Only Live Once (YOLO). Namun generasi milenial tetap harus berhati-hati, walaupun YOLO ada motto hidup yang menarik. Pasalnya jika terus menerus hidup YOLO dan tidak memikirkan hari tua, setelah pensiun nantinya anak cucu harus membantu membiayai hidup dan menjadikan mereka generasi sandwich.

Agar tidak membebani anak cucu nantinya, ada baiknya mulai mempersiapkan tabungan hari tua atau dana pensiun yang cukup sejak masih muda. Ditambah lagi, tabungan pensiun bukanlah sesuatu yang bisa dikumpulkan dalam waktu sekejap.

Namun demikian, kamu tidak perlu khawatir tidak bisa lagi menikmati YOLO. Kamu tetap bisa YOLO dan punya tabungan hari tua pada saat bersamaan. Rahasianya ada di dalam sejumlah tips yang bisa dilakukan di bawah ini:


Analisis Keuangan dengan Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan

Analisis keuangan dilakukan agar kamu bisa mengetahui alur cash flow sehingga tidak menghabiskan lebih banyak dari uang yang dimiliki. Dengan demikian uang bisa disisihkan lebih banyak untuk ditabung.

Untuk dapat menganalisis keuangan, kamu bisa memulainya dengan mencatat pengeluaran dan pemasukan. Tapi, pada zaman sekarang ini, tidak perlu lagi kamu lakukan pencatatan secara manual. Sudah banyak aplikasi yang mengandalkan kecanggihan teknologi untuk membantu mencatat pengeluaran dan pemasukan secara mudah dan praktis. Salah satunya adalah aplikasi Jago yang bisa mencatat setiap detail transaksi yang kamu lakukan.

Lakukan Penyusunan Ulang Prioritas

Selain itu, lakukan pula penyusunan ulang prioritas dan eliminasi pengeluaran yang kurang atau bahkan tidak penting. Namun, di sisi lain, kamu juga tidak perlu terlalu berlebihan membatasi diri dalam mengeluarkan uang untuk kesenangan, karena hal ini justru akan membuat kamu tertekan dan sulit disiplin.

Untuk membantumu menyusun ulang prioritas, kamu bisa menggunakan fitur Analisis Pengeluaran (Spend Analysis) yang ada di aplikasi Jago. Fitur ini menjadi andalan utama Fintamin A, salah satu vitamin finansial yang diracik Jago untuk memberikan kesehatan finansial kepada yang mengonsumsinya.

Fitur Analisis Pengeluaran akan mengkategorikan setiap pengeluaran lalu menghitung total pengeluaran dari setiap kategori. Contoh kategori pengeluaran yang ada antara lain bisa terbagi menjadi top up, tagihan, acara sosial, hiburan, makan di restoran, dan masih banyak lagi. Hal ini tentu akan memudahkan kamu saat akan menganalisis pengeluaran lalu menentukan ulang prioritas pengeluaran.

Sebagai contoh, nasabah yang menggunakan fitur Analisis Pengeluaran melihat adanya pengeluaran berlebih dari membeli kopi setiap hari di coffee shop. Apabila dirasa berlebih, frekuensi membeli kopi di luar bisa dikurangi menjadi dua atau tiga kali per minggu saja. Nasabah ini dapat mulai membuat kopi sendiri di rumah.

Penghematan yang didapat dari mengurangi frekuensi membeli kopi di coffee shop bisa digunakan untuk menabung dana pensiun atau hari tua.

Lakukan Budgeting untuk Setiap Kebutuhan dan Jangan Melanggar

Keinginan untuk menghabiskan uang yang ada, baik untuk jajan atau beli barang baru, memang bisa menggoda siapa saja. Apalagi pada zaman sekarang yang serba digital dan banyaknya e-commerce yang dapat diakses dari smartphone.

Oleh karena itu memilah pengeluaran sedari awal dan secara konsisten menjadi hal yang sangat penting. Supaya tidak mudah jatuh pada godaan, budgeting menjadi hal yang sangat penting. Untuk memudahkan kamu dalam budgeting, kamu bisa memanfaatkan fitur Kantong di aplikasi Jago. Kamu bisa memisahkan berbagai kebutuhan dengan membuat banyak Kantong agar tidak saling bercampur.

Supaya tidak lupa untuk selalu menyisihkan uang buat tabungan hari tua, kamu dapat membuat Kantong yang dinamai Tabungan Hari Tua, misalnya. Lalu, kamu juga bisa membuat Kantong untuk keperluan YOLO-mu. Setiap Kantong yang sudah jadi bisa diberikan budget yang sesuai.

Disiplin Menabung dan Investasi

Menabung tidak perlu menunggu gaji besar. Biasakanlah diri untuk rajin menabung dan berinvestasi, berapapun penghasilan yang dimiliki. Kamu tidak perlu membandingkan jumlah uang yang kamu tabung dan investasikan dengan orang lain. Selama kamu disiplin dalam menabung, tabungan tidak pernah berhenti bertambah. Begitu pula dengan investasi. Jangan sampai gaya hidup semasa muda menggerus rencana masa tua!

Untuk membantumu membiasakan diri menabung dan berinvestasi, kamu bisa mengkonsumsi Fintamin D, yang berkhasiat memperkuat kekebalan finansialmu. Kamu dapat mulai menabung di Kantong Terkunci Jago.

Kamu dapat mulai menabung dari sebesar Rp 100 ribu saja di Kantong Terkunci. Dengan menabung di Kantong Terkunci, kamu juga bisa menikmati penghasilan pasif berupa bunga yang besarnya hingga 4% p.a. Menarik sekali kan?

Selain menabung, kamu juga bisa mulai berinvestasi. Ada banyak pilihan investasi di luar sana, salah satunya seperti investasi reksa dana. Jika berinvestasi reksa dana di Bibit, investasi tidak perlu langsung dalam jumlah besar. Kamu bisa mulai berinvestasi dari jumlah sebesar Rp 100 ribu saja, sama seperti menabung di Kantong Terkunci. Terdapat pula fitur Autodebet yang membuat investasi menjadi otomatis, tidak perlu ribet.

Bagaimana, sudah siapkah kamu untuk menabung buat hari tua tanpa mengorbankan prinsip YOLO-mu? Mulai dari sekarang demi kehidupan yang nyaman bukan hanya saat ini tapi juga masa tua nanti.

Kamu dapat mulai menerapkan tips-tips di atas dan mengatur keuangan dengan lebih baik lagi bersama Jago. Kamu tidak perlu khawatir saat melakukan transaksi melalui aplikasi Jago. Bank Jago diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan merupakan peserta program penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Selain itu, aplikasi Jago menjamin keamanan transaksi menggunakan beragam fitur Keamanan dan Kontrol, seperti autentikasi dua faktor dan autentikasi biometrik.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera mulai menabung untuk hari tua dan nikmati YOLO secara bersamaan. Download aplikasi Jago untuk membantumu merencanakan dan mengelola keuangan.


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading