Galau Jadi Generasi Sandwich, Begini Cara Atur Keuangannya

Investment - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
22 October 2021 16:07
Ilustrasi Perencanaan Keuangan (Dok: Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Saat ini terdapat istilah generasi sandwich yang diartikan sebagai seseorang yang memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan orang lain selain dirinya sendiri, seperti orang tua. Hal ini jelas berkaitan erat dengan hal finansial. Terbebani dengan kondisi keuangan jadi momok menakutkan bagi generasi sandwich.

Biasanya masalah yang terjadi berkutat tentang bagaimana seseorang harus dapat membagi rata semua kebutuhan dengan tanggungannya. Selain kebutuhan pribadi yang belum tentu tercukupi dengan baik, generasi sandwich juga harus memikirkan biaya anak, orang tua, hingga masa depan.

Salah satu contoh tantangan finansial bagi generasi sandwich yakni mengatur biaya pendidikan dan pertumbuhan anak serta kewajiban memenuhi kebutuhan orang tua. Misalnya saja, ketika anak harus masuk sekolah pertama, pada saat yang sama orang tua jatuh sakit dan membutuhkan biaya yang besar untuk perawatan.


Ketika hal ini terjadi, generasi sandwich bisa menjadi stres, cemas berlebih, atau bahkan sampai meminjam uang dalam jumlah besar demi bisa memenuhi kebutuhan keduanya. Pasalnya, banyak dari generasi sandwich tidak memiliki cara atau strategi yang baik dalam mengatur keuangannya.

Meski demikian, menjadi generasi sandwich bukan berarti tidak bisa memiliki keuangan yang sehat. Berikut cara-cara yang bisa dilakukan para generasi sandwich agar bisa mengelola keuangan dengan baik:

1. Catat Pengeluaran dan Pemasukan

Jika belum terbiasa mengelola keuangan, solusinya bisa mulai dengan melakukan pencatatan keuangan. Dengan begitu, kamu akan tahu uang digunakan untuk apa, sehingga bisa segera melakukan perbaikan jika mulai boros pada jenis pengeluaran tertentu. Dengan mencatatnya, kamu bisa tahu jumlah aset yang dimiliki, utang (jika ada), dan dapat menjaga arus kas agar tetap positif.

Agar catatan keuanganmu makin baik, kamu dapat menggunakan Kantong, salah satu fitur di aplikasi Jago. Kamu bisa memisahkan uang sesuai kebutuhan dengan membuat Kantong Bayar dan Kantong Nabung.

2. Kurangi Pengeluaran

Bijaksana dalam mengatur pengeluaran pribadi juga menjadi kunci penting bagi generasi sandwich. Saat dewasa, tentunya keinginan juga makin bertambah. Namun, tetap harus dibedakan yang mana kebutuhan dan yang mana keinginan. Kamu harus dapat menentukan prioritas dan mengutamakan kebutuhan.

Untuk dapat menganalisis pengeluaranmu dengan mudah , kamu bisa mengonsumsi Fintamin A. Fintamin A adalah vitamin finansial racikan Jago untuk membantu mereka yang ingin mencapai kesehatan finansial.

Fintamin A bisa membantu mengetahui dan menganalisis pengeluaran yang dilakukan. Dengan begitu, kondisi keuangan bisa lebih teratur dan kamu tidak hanya berasumsi terkait penggunaannya. Fintamin A, melalui fitur Spend Analysis di aplikasi Jago, juga memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk menganalisis pengeluaran karena pengeluaran sudah dikelompokkan secara rapi berdasarkan kategorinya masing-masing. Dengan begitu perencanaan keuangan ke depannya bisa lebih terarah dan teratur.

3. Cari Penghasilan Tambahan

Jika merasa pemasukan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan, maka bisa mencari penghasilan tambahan. Saat ini, banyak pilihan untuk mencari tambahan pemasukan, seperti berjualan online, hingga bekerja paruh waktu atau freelance. Meski sedikit mengorbankan tenaga dan waktu, setidaknya keterbatasan finansial karena kurangnya penghasilan tidak lagi menjadi masalah.

4. Siapkan Tabungan Darurat

Salah satu cara terbaik menyiapkan finansial masa depan adalah menyiapkan dana tabungan, terutama dana darurat. Pasalnya, uang yang dimiliki juga diperuntukkan untuk keluarga kecil dan orang tua, sehingga dana darurat menjadi hal yang wajib.

Dengan perencanaan uang yang baik dan menyiapkan dana darurat, maka tidak perlu pusing lagi ketika ada kebutuhan tak terduga atau di luar prediksi yang datang bersamaan.

5. Libatkan Anak dalam Rencana Keuangan

Selain orang tua, anak juga menjadi tanggungan para generasi sandwich. Untuk itu, berikan mereka pengetahuan dalam perencanaan keuangan. Hal ini bisa dimulai dengan memberitahu anak untuk dapat menabung dari uang yang diberikan kepada mereka, membeli biaya pulsa mereka sendiri, dan membeli barang kesukaan mereka sendiri. Dengan mengedukasi mereka, mereka juga perlahan bisa mulai belajar mengatur keuangan secara sederhana, merencanakan masa depan dan tentunya memudahkan keuanganmu.

6. Mempersiapkan Tabungan Pensiun

Setelah merasakan menjadi generasi sandwich, perencanaan keuangan pun harus ditingkatkan. Artinya, generasi berikutnya tidak boleh dibiarkan kembali menjadi 'sandwich' selanjutnya. Kamu dapat mulai mempersiapkan tabungan pensiun dari sekarang.

Tabungan pensiun bisa dipersiapkan dengan berbagai instrumen investasi dan simpanan. Jumlahnya pun tidak harus langsung besar, tetapi bisa terus ditingkatkan seiring waktu, kuncinya adalah disiplin dalam berinvestasi. Dengan memiliki dana pensiun, kamu pun tidak akan membebani keuangan anak-anak di masa depan dan bisa memutus rantai generasi sandwich.

Nah, kamu bisa mulai menerapkan tips-tips di atas untuk dapat mengatur keuangan dengan baik dan optimal. Supaya dapat mengatur keuangan dengan mudah, praktis dan aman, kamu bisa menggunakan aplikasi Jago. Selain dua fitur yang telah disampaikan di atas, ada banyak fitur lain yang bisa kamu manfaatkan, seperti Kantong Terkunci yang menawarkan bunga hingga 4% per tahun dan transfer antar bank serta top up e-Wallet yang gratis hingga 25x per bulan.

Kamu juga tidak perlu mengkhawatirkan keamanan transaksi online bersama Jago karena Jago menggunakan beragam fitur keamanan dan kontrol seperti autentikasi 2 faktor dan autentikasi biometrik. Kamu juga dapat merasakan betapa cepatnya menyelesaikan transaksi dengan Jago berkat teknologi terdepan yang digunakan Jago.

Bank Jago juga diawasi OJK dan merupakan peserta program penjaminan LPS. Jadi, tunggu apa lagi? Segera download aplikasi Jago sekarang juga.

 


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading