Ini Pentingnya Punya Dana Pensiun Sejak Masih Muda

Investment - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
05 April 2021 14:13
Sobat Cuan, Yuk Kenali Pentingnya Dana Pensiun  (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Masa pensiun seharusnya bisa dinikmati dengan damai sejahtera. Kendati demikian, mempersiapkan dana pensiun belum menjadi prioritas utama bagi masyarakat Indonesia, padahal dana pensiun bisa dijadikan bekal ketika memasuki masa pensiun dan hidup tenang di masa tua.

Senior Pension Program Specialist Bank BNI, Alif Pasaleori mengatakan bahwa dana pensiun sangat penting untuk dimiliki semua kalangan termasuk pengusaha dan karyawan.

Untuk karyawan biasanya memiliki masa pensiun di usia 55-57 tahun atau mereka yang berwiraswasta bisa 60 tahun.


Banyak orang salah paham dan melakukan persiapan ketika sudah mendekati waktunya. Padahal waktu paling ideal untuk mempersiapkannya adalah sedini mungkin. Bahkan para first jobber sekalipun harus langsung sadar akan pentingnya mempersiapkan dana ini.

"Rata-rata karyawan di Indonesia memiliki masa pensiun di usia 55-57 tahun atau mereka yang berwiraswasta bisa 60 tahun," ujarnya.

Hanya saja mereka baru memikirkan saat umur 50 tahun artinya hanya 5-7 tahun yang dipersiapkan untuk jelang pensiun sehingga belum jadi prioritas utama untuk masa pensiun," kata Alif Pasaleori, dalam program BNI Investime Week, Squawk Box di CNBC Indonesia, Senin (5/4/2021).

Dia menuturkan bahwa pengusaha membutuhkan pasif income untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ketika masa pensiun datang. Itu karena tidak mungkin mereka menjalankan usahanya seumur hidup.

Agar sesuai dengan harapan, para pengusaha harus cermat dalam mengelola modal pensiun. Untuk besaran iuran dana pensiun bisa disesuaikan dengan kemampuan.

Sementara dengan para pekerja sektor formal dapat menikmati program dan pensiun yang sudah diberikan oleh perusahaan.

Program dana pensiun dapat memberikan jaminan kepada karyawan untuk memperoleh penghargaan selayaknya melalui total dana pensiun yang telah terkumpul.

Namun, terkadang uang pensiun yang diterima dirasa tidak cukup, sehingga perlu dana tambahan. Oleh karena itu, Alif menganjurkan kepada masyarakat untuk mempersiapkan finansial masa depannya dari sedini mungkin di dalam usia produktif.

"Jadi dana pensiun ini sangat penting dimiliki dari sekarang karena kita melihat bahwa kebutuhan kita di masa mendatang setelah tidak lagi aktif berpenghasilan (gaji bulanan). Kita hanya bergantung pada perencanaan dana pensiun, maka diperhitungkan tabungan untuk pensiun didasarkan pada nilai sekarang guna memiliki jaminan hidup," paparnya.

[Gambas:Video CNBC]


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading