BNI Investime Week

Berapa Dana yang Dibutuhkan untuk Pensiun? Simak Paparannya!

Investment - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
05 April 2021 12:35
BNI Investime Week

Jakarta, CNBC Indonesia - Mengelola keuangan secara tepat merupakan salah satu cara bijak untuk mandiri secara finansial. Adapun salah satunya yakni mempersiapan dana pensiun.

Meski masih muda, mempersiapkan dana pensiun sejak dini sangatlah penting. Senior Pension Program Specialist Bank BNI, Alif Pasaleori mengatakan bahwa mempersiapkan dana pensiun secara matang, akan membuat masa tua lebih sejahtera.

"Dana pensiun sangat penting dipersiapkan dari sekarang. Ini menjadi kebutuhan di masa mendatang saat enggak kita sudah tidak aktif bekerja dan itu hanya bergantung dari rencana dana pensiun," kata Alif Pasaleori, dalam program BNI Investime Week, Squawk Box di CNBC Indonesia, Senin (5/4/2021).


Alif menuturkan bahwa mereka yang di usia produktif atau 20-30 tahun harus memiliki dana cukup besar untuk ditempatkan pada instrumen yang mampu menghasilkan return setara biaya hidup di masa pensiun.

Lantas berapa jumlah uang yang harus dipersiapkan untuk di hari tua? Bagi mereka yang memperhatikan perencanaan keuangan dan mulai memiliki perhatian untuk dana pensiun bisa menyisihkan 70% dari penghasilan yang diperoleh saat masih aktif bekerja.

"Jadi berbicara penghasilan kita setelah tidak aktif bekerja lagi itu bisa disebut setelah tingkat penghasilan pensiun. Secara normal tingkat penghasilan pensiun yang dibutuhkan idealnya adalah di angka 70% dari penghasilan yang diperoleh saat masih aktif bekerja," ungkap dia.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya

Ternyata Ini Rumah yang Diincar oleh Milenial saat Pandemi


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading