Reksa Dana Jeblok, tapi 10 Produk Ini Masih Kasih Cuan Gede!

Investment - Monica Wareza, CNBC Indonesia
02 February 2021 08:46
cover topik/Reksa dana anjlok thumbnail/Aristya Rahadian Krisabella

Jakarta, CNBC Indonesia - Kinerja pasar keuangan di awal tahun ini bisa dibilang kurang memuaskan. Kinerja yang tak terlalu baik ini berdampak pada performa portofolio investasi yang tidak sesuai dengan harapan investor.

Hal ini tercermin dari kinerja portofolio reksa dana sepanjang bulan lalu yang mayoritas mencatatkan kinerja negatif, bersamaan dengan kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang juga merosot 1,95% di Januari lalu.

Satu-satunya reksa dana yang mencatatkan kinerja positif adalah reksa pasar uang yang tercermin dari Infovesta 90 Money Market Fund Index yang memberikan return rata-rata 0,30% dalam waktu sebulan penuh.


Sedangkan tiga indeks acuan reksa dana lainnya terpaksa mencatatkan kinerja negatif. Infovesta 90 Equity Fund Index yang merupakan indeks untuk 90 reksa dana saham yang dimiliki Infovesta berkinerja paling buruk dengan koreksi -4,20%.

Lalu, indeks reksa dana campuran yang tercermin dalam Infovesta 90 Balanced Fund Index juga terkoreksi cukup dalam sebesar -1,79% di periode yang sama.

Reksa dana pendapatan tetap yang tercermin dalam Infovesta 90 Fixed Income Fund Index juga terkoreksi tipis di angka -0,53%.

Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana mengatakan pelemahan kinerja reksa dana ini mayoritas terjadi bersamaan dengan terkoreksinya indeks acuan saham dalam negeri.

"Koreksi reksa dana saham bersamaan dengan penurunan indeks acuan IHSG," kata Wawan kepada CNBC Indonesia, Senin (1/2/2021).

Sedangkan untuk kinerja reksa dana pendapatan tetap yang juga tak bisa dibilang baik disebabkan karena turunnya harga Surat Utang Negara (SUN) dengan rata-rata kupon 6%-7%.

Sedangkan untuk kinerja reksa dana pendapatan tetap yang juga tak bisa dibilang baik disebabkan karena turunnya harga SUN dengan rata-rata kupon 6%-7%.

Kinerja Indeks Reksa Dana di Januari 2021

NoNama Indeks (%)
1Indeks Harga Saham Gabungan-1,95
2Infovesta 90 Balanced Fund Index-1,79
3Infovesta 90 Equity Fund Index-4,20
4Infovesta 90 Fixed Income Fund Index-0,53
5Infovesta 90 Money Market Fund Index0,30
6Infovesta Corporate Bond Index0,41
7Infovesta Government Bond Index-0,28

NEXT: Kinerja 10 produk reksa dana

Reksa Dana Saham & Campuran
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading