Kenali Jurus Sebelum Berburu Cuan: Profil Risiko Bos!

Investment - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
26 January 2021 15:32
Ilustrasi IHSG (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam beberapa waktu ke belakang, para influencer dan artis mulai menampilkan unggahan terkait investasi saham. Sejumlah nama kondang dengan 'pede-nya' memberikan rekomendasi saham tertentu.

Segelintir orang, utamanya investor pemula bahkan terungkap mulai berburu 'cuan' yang mengacu pada rekomendasi saham tertentu dari para influencer. Padahal, bukan begitu cara Anda ingin berinvestasi, Ferguso!

Head of Wealth Management Bank HSBC Indonesia Verawaty Zhao mengemukakan, para investor pemula perlu mengetahui profil risiko masing-masing sebelum mulai berinvestasi.


Zhao lantas mencontohkan bagaimana HSBC Indonesia memetakan profil risiko para investor pemula yang baru ingin memulai investasi, baik itu di pasar saham maupun pasar obligasi.

"Di HSBC sendiri, pada saat berbicara dengan investor pertama kami akan menanyakan kebutuhan nasabah seperti apa. Yang dibutuhkan nasabah seperti apa," kata Zhao dalam program Investime CNBC Indonesia, dikutip Selasa (26/1/2021).

Zhao mengatakan para investor baru perlu memahami tujuan investasi yang akan dilakukan. Apakah untuk kebutuhan primer, pendidikan anak, pensiun, atau hal lainnya.

"Dari situ kami akan bergerak untuk menanyakan risikonya, berapa jumlah investasinya. Misalkan terjadi penurunan harga yang bisa ditoleransi dari investor," katanya.

Menurutnya, profil risiko memegang peranan penting dari para investor pemula. Pasalnya, berinvestasi tidak melulu hanya 'cuan' semata, namun lebih bersifat jangka panjang.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading