Duh Rontok Lagi! Harga Emas Antam Kini Dibanderol Rp1,01 Juta

Investment - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
13 October 2020 10:17
Ilustrasi emas (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas batangan produksi PT Aneka Tambang (Antam) Tbk. atau yang dikenal dengan emas Antam turun lagi pada perdagangan Selasa (13/10/2020).

Harga emas dunia yang terkoreksi turun pada perdagangan Senin kemarin turut menyeret emas Antam.

Setelah melesat 1,19% pada hari Sabtu lalu, harga emas Antam kembali menurun sejak awal pekan kemarin.


Melansir data dari logammulia.com, situs resmi PT Antam, harga emas satuan 1 gram hari ini dibanderol Rp 1.015.000/batang atau turun 0,2% dibandingkan harga awal pekan kemarin. Persentase penurunan pada perdagangan Senin juga sama sebesar 0,2%.

Emas Antam satuan 100 gram yang biasa dijadikan acuan hari ini dibanderol Rp 95.712.000/batang atau Rp 957.120/gram, menguat 0,21%.


Harga emas dunia pada perdagangan Senin kemarin turun 0,39% ke US$ 1.921,94/troy ons, setelah melesat 1,6% di hari Jumat, yang membuat harga emas Antam naik tajam di hari Sabtu.

Koreksi harga emas dunia dipicu oleh dolar AS yang bangkit dari keterpurukan. Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan mata uang Paman Sam, naik tipis 0,01% setelah merosot dalam 3 hari beruntun. 

Besarnya pengaruh dolar AS ke pergerakan emas terlihat jelas pada pekan lalu. Indeks dolar AS hanya menguat sekali di hari Selasa, sisanya melemah. Sebaliknya, emas hanya melemah sekali di hari Selasa, sisanya menguat.

Dolar AS dan emas memang memiliki korelasi negatif, artinya pergerakannya berlawan arah, dan itu sangat terlihat pekan lalu.

Meski sedang menurun dalam 2 hari terakhir, tetapi para analis dan pelaku pasar bersikap memprediksi emas akan naik lagi di pekan ini.

Survei yang dilakukan Kitco terhadap para analis di Wall Street bahkan menunjukkan sangat bullish terhadap emas di pekan ini.

Dari 17 analis yang berpartisipasi, sebanyak 13 orang atau 76% memberikan outlook bullish (tren naik) di pekan ini, sebanyak 6% bearish (tren turun) dan 18% neutral atau bergerak sideways.

Kitco juga melakukan survei terhadap pelaku pasar, dari 1.164 yang berpartisipasi sebanyak 54% bullish, 26% bearish, dan 20% neutral.

Jika emas dunia kembali naik seperti prediksi di hasil survei tersebut, harga emas Antam tentunya akan naik kembali.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(pap/pap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading