Investasi SR-013 vs Deposito, Lebih Cuan Mana?

Investment - dob, CNBC Indonesia
08 September 2020 17:33
Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman  (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Keuangan RI melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) menawarkan sukuk ritel seri SR-013 mulai 28 Agustus 2020 hingga 23 September 2020.

Produk investasi berbasis syariah ini ditawarkan dengan imbal hasil 6,05% per tahun. Menariknya lagi, investor dapat membeli SR013 dengan minimal pembelian Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 miliar.

Karena berbasis syariah, Kementerian Keuangan menggandeng Dewan Syariah MUI untuk mendapatkan fatwa dan persetujuan syariahnya. Selanjutnya Kementerian Keuangan juga bekerja sama dengan 31 mitra distribusi, mulai dari Bank yakni 16 bank konvensional, dan 4 bank syariah untuk pemasarannya.


Kemudian ada pula perusahaan efek dan juga perusahaan fintech yang menjadi mitra distribusi untuk pembelian secara online.

Berbicara mengenai imbal hasil SR-013 ini bisa dibilang menarik, sebab masih di atas bunga deposito yang berada di kisaran 5,2% per tahun. Apalagi jika melihat pembelian yang bisa dilakukan dengan hanya Rp 1 juta dibanding deposito dengan minimal Rp 5 juta.

Adapun jika melihat instrumen investasi lainnya, seperti reksadana saham dan pasar saham, keduanya terpantau masih berfluktuasi di tengah kondisi seperti saat ini.

Terkait instrumen investasi yang satu ini, Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman mengatakan setiap instrumen memiliki karakteristik tertentu dan berkaitan dengan risiko yang harus diperhitungkan.

Menurutnya, investasi di Sukuk Ritel berbeda dengan investasi lainnya, karena dana yang dihasilkan digunakan negara untuk menghadapi Covid-19.

Ini yang tidak dimiliki oleh instrumen investasi lain, bagaimana berinvestasi tetapi juga membangun negeri," terangnya.

Jika tertarik berinvestasi pada instrumen yang satu ini, ikuti proses pembelian yang mudah, bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Sebelumnya, tentukan pemesanan yang melalui bank atau platform yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Keuangan.

Proses pemesanan pembelian SR013 dilakukan secara online melalui 4 tahap yaitu pertama registrasi/pendaftaran, kedua pemesanan, ketiga pembayaran dan terakhir setelmen. Pemesanan pembelian disampaikan melalui sistem elektronik yang disediakan Mitra Distribusi yang memiliki interface dengan sistem e-SBN.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading