Pagi-pagi, Harga Emas Antam Sudah Turun Hampir Goceng

Investment - Tirta Widi Gilang Citradi, CNBC Indonesia
26 November 2019 10:03
Pagi-pagi, Harga Emas Antam Sudah Turun Hampir Goceng Foto: Emas Antam (CNBC Indonesia/Irvin Avriano Arief)
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas ritel kepingan yang diproduksi PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau emas Antam turun pada perdagangan Selasa ini (26/11/2019). Pergerakan harga emas Antam mengekor pergerakan harga emas global.

Pada Selasa ini, harga emas Antam berada di Rp 694.000/gram, turun Rp 4.000 dibanding harga perdagangan kemarin Rp 698.000/gram.

Data di situs logammulia milik Antam hari ini menunjukkan besaran harga emas kepingan 100 gram berada pada Rp 69,4 juta/batang.

Harga emas Antan kemarin sebetulnya stagnan di level Rp 698.000/gram dari posisi akhir pekan lalu, karena koreksi sudah terjadi pada Sabtu sedangkan pasar global tidak buka pada hari tersebut.


Penurunan harga emas Antam terjadi ketika Amerika Serikat (AS) dan China kembali menebar optimisme damai dagang tahap awal. China dan Amerika Serikat dikabarkan semakin dekat dengan kesepakatan dagang tahap satu, seperti yang dikabarkan tabloid the Global Times, melansir Reuters.


Pagi ini, AS dan China dikabarkan kembali melakukan negosiasi melalui sambungan telepon. Kedua pihak membahas tentang masalah utama yang selama ini menyebabkan konflik dagang.

Hal tersebut dikatakan oleh menteri perdagangan China melalui situs resmi kementerian seperti yang dikabarkan CNBC International.

Kesepakatan dagang tahap satu yang dikabarkan akan diteken pertengahan November ini telah ditunggu-tunggu oleh berbagai pihak. Nyatanya hal tersebut belum dilakukan hingga sekarang.

Bagaimanapun juga ekonom masih menyangsikan bahwa kesepakatan yang substansial dapat dicapai oleh kedua belah pihak.

Baru-baru ini, Stephen Roach, dosen senior Yale University Jackson Institute malah menyebut kesepakatan tersebut tak lebih dari sekedar "pepesan kosong".

Menurut Roach kesepakatan lebih bermakna politis dan tidak efektif menyelesaikan konflik yang terjadi selama kurang lebih enam belas bulan itu.


Dinamika hubungan dagang AS-China masih akan jadi sentimen penggerak harga emas ke depan. Saat ini optimisme yang ditebar membuat investor mulai melirik aset berisiko. Akibatnya harga emas perlahan-lahan mulai nyungsep.

Beberapa faktor yang juga mempengaruhi harga emas Antam adalah nilai tukar rupiah, harga emas global, penawaran-permintaan, permintaan industri emas, isu global, tingkat inflasi, dan tingkat suku bunga.

Selain emas Antam biasa, Antam juga menawarkan emas batik dan emas tematik serta menampilkan harga hariannya di situs yang sama. 

Di sisi lain, Antam juga menjual emas batangan dengan dasar ukuran mulai 1 gram hingga 500 gram di berbagai gerai yang tersedia di berbagai kota, dari Medan hingga Makassar.



Harga dan ketersediaan emas di tiap gerai bisa berbeda. Harga emas tersebut sudah termasuk PPh 22 0,9%. Masyarakat bisa menyertakan NPWP untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah yaitu 0,45%.


TIM RISET CNBC INDONESIA

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading