Tips Investasi Saham

Mau Nikah 3 Tahun Lagi? Ini Deretan Saham Potensial Gaes

Investment - Yazid Muamar, CNBC Indonesia
17 October 2019 12:27
Mau Nikah 3 Tahun Lagi? Ini Deretan Saham Potensial Gaes

Jakarta, CNBC Indonesia - Investasi pada instrumen saham untuk tujuan tertentu seperti biaya pernikahan dalam 3 tahun ke depan sepertinya masih menjanjikan. Meskipun kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dalam beberapa tahun ini agak melambat, tetapi beberapa saham berikut kinerjanya justru meroket.

Beberapa saham anggota konstituen indeks LQ45 (deretan 45 saham paling likuid) pantas dilirik karena likuiditas dan fundamental perusahaan cukup baik.

Beberapa saham pilihan Tim Riset CNBC Indonesia bisa menjadi perhatian untuk dilirik menjadi sasaran investasi dalam 3 tahun mendatang. Tentu saja, pilihan berganti pada Anda yang punya koceknya.

Data Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat IHSG, sebagai acuan di pasar saham RI, selama 3 tahun belakangan hanya memberikan return sebesar 19,18% hingga Kamis ini (17/10/2019)/ Namun deretan saham-saham dalam daftar berikut ini mampu memberikan keuntungan lebih dari IHSG, bahkan hingga 113%.


Tentunya saham-saham yang dipilih di bawah ini memiliki tingkat fluktuasi harga yang tidak terlalu besar, agar investor saham tidak terjebak dalam fluktuasi harga, sehingga ketika akan membeli saham tersebut tidak sedang di harga tinggi dan berinvestasi menjadi nyaman.

NoNama SahamKode SahamKinerja 3 Tahun (%)Sensivitas ke IHSG (beta)
1PT Bank Central Asia TbkBBCA113,60,91
2PT Erajaya Swasembada TbkERAA101,80,91
3PT Bank Rakyat Indonesia TbkBBRI76,31,37
4PT Vale Indonesia TbkINCO38,11,38
5PT United Tractors TbkUNTR29,91,25
*Angka beta saham Pefindo Beta Stocks


Kelima saham di atas adalah anggota dari indeks LQ45, sebuah indeks yang mengukur performa harga dari 45 saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

Sedangkan beta saham diperoleh dari rilis Pefindo Beta Stocks, merupakan entitas yang melakukan pemeringkatan aset keuangan terutama surat utang. Pefindo secara rutin merilis angka beta saham untuk digunakan pelaku pasar secara luas.

Beta merupakan indikator yang digunakan dalam mengukur sensitivitas suatu saham terhadap pergerakan pasar secara keseluruhan dengan kata lain yakni IHSG.

Pada angka beta, nilai angka satu merupakan patokan awal. Jika suatu saham memiliki angka beta 1 maka pergerakannya selaras dengan IHSG, jikalau beta sahamnya kurang dari satu maka sensitivitas terhadap fluktuasi pergerakan harganya dapat dikatakan lebih rendah dari IHSG.

Jadi, siap nikah 3 tahun lagi gaes??

TIM RISET CNBC INDONESIA

 

(yam/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading