Dihargai Miliaran, Ini Sederet Saham Termahal di Dunia

Market - Dwi Ayuningtyas, CNBC Indonesia
17 October 2019 12:04
Dihargai Miliaran, Ini Sederet Saham Termahal di Dunia
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga saham umumnya menggambarkan valuasi dari sebuah perusahaan, di mana semakin tinggi harganya meggambarkan fundamental yang kokoh dan tingkat imbal hasil yang menjanjikan.

Di bursa saham Ibu Pertiwi, harga saham termahal dicatatkan oleh PT Gudang Garam Tbk (GGRM) yang satu unit sahamnya dihargai Rp 54.650 pada penutupan perdagangan kemarin (17/10/2019).

Lalu, jika kita melihat bursa-bursa saham utama di seluruh dunia, siapakah perusahaan yang mencatatkan harga saham termahal dunia?


Berdasarkan tabel di bawah 8 dari 10 emiten dengan harga saham termahal di dunia terdaftar di New York Stock Exchange, satu yang terdaftar di Swiss Stock Exchange dan satu di London Stock Exchange.



Harga saham termahal dibukukan oleh perusahaan asuhan Warren Buffet, yakni Berkshire Hathaway Inc (BRK) dengan harga per unit mencapai Rp 4,43 miliar/unit. Namun, harap dicatat bahwa harga tersebut merupakan harga untuk saham BRK seri A, sedangkan saham BRK seri B tergolong tidak terlalu mahal yakni Rp 2,95 juta/unit.

Saat ini, BRK memiliki unit bisnis yang cukup tersebar dari percetakan koran, perhiasan, ritel manufaktur, bahkan energi. BRK juga memegang porsi kepemilikan saham perusahaan raksasa dunia seperti Apple, Kraft Heinz, dan Coca Cola.

Lebih lanjut, posisi kedua dipegang oleh perusahaan produsen coklat ternama asal Swiss, yakni Lindt & Spruengli AG (LSIN) dengan harga saham mencapai Rp 1,14 miliar/unit. Saham LSIN diperdagangkan di bursa saham Swiss

Lalu diikuti oleh perusahaan ritel pengelola merek "NEXT", yakni Next PLC Inc (NXT) yang memiliki harga Rp 121,07 juta/unit dan ditransaksikan di bursa saham London. Meskipun harga saham NXT jauh berbeda dengan BRK dan LSIN, sejak awal tahun hingga penutupan perdagangan kemarin, harga saham perusahaan melesat 67,48%.

Di lain pihak, harga saham yang mahal bukan berarti kapitalisasi pasar perusahaan juga tinggi.

Dari daftar di atas terlihat bahwa kapitalisasi pasar (market capitalization/market cap) jumbo dicatatkan oleh Amazon Inc dan induk Google, Alphabet Inc yang memiliki market cap masing-masing Rp 12.397 triliun dan Rp 12.156 triliun.

Uniknya, dengan nilai kapitalisasi pasar yang hampir mirip, tingkat imbal hasil perusahaan teknologi raksasa AS tersebut juga di kisaran 18%.

TIM RISET CNBC INDONESIA (dwa/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading