Wah! BI Pangkas Suku Bunga, Harga Emas Antam Bisa Turun nih

Investment - Irvin Avriano Arief, CNBC Indonesia
18 July 2019 15:36
Wah! BI Pangkas Suku Bunga, Harga Emas Antam Bisa Turun nih
Jakarta, CNBC Indonesia - Keputusan Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia yang menurunkan suku bunga acuan BI 7-Day Reserve Repo Rate (7DRRR) berpotensi membuat harga emas yang diproduksi PT Antam Tbk (ANTM) turun dalam waktu dekat, khususnya perdagangan Jumat esok hari. 

Kamis siang ini (18/7/2019), Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memenuhi janjinya untuk selangkah lebih maju dari pasar atau ahead the curve dengan menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 5,75% dari 6%. 

Tim Riset CNBC Indonesia menilai penurunan suku bunga ini dapat berdampak tidak langsung terhadap harga emas di dalam negeri, terutama harga emas Antam yang menjadi acuan karena satu-satunya produk emas murni lokal yang bersertifikat. 


Harga emas Antam pada Kamis ini masih berada di level harga Rp 656.000/gram, berada di kisaran atas karena hanya turun Rp 9.000/gram dari posisi teratasnya sepanjang masa yakni Rp 665.000/gram yang dicatatkan pada 2 pekan lalu, tepatnya pada 3 Juli. 





Korelasi antara penurunan suku bunga dengan harga emas Antam adalah penguatan rupiah karena dipicu penurunan suku bunga acuan, yang kemudian merembet ke pelemahan harga emas Antam, dengan asumsi harga emas spot global stabil. 

Kurs rupiah dapat menguat terhadap dolar AS karena penurunan suku bunga akan memicu harapan akan perbaikan pertumbuhan ekonomi domestik ke depan.  

Penguatan rupiah memang menjadi faktor pelemahan emas lokal dan emas Antam karena harga emas global didasari oleh mata uang dolar AS, sehingga jika rupiah menguat maka harga beli emas global akan menjadi lebih murah. 

Apalagi, yang terjadi justru lain, yaitu harga emas di pasar spot global ternyata juga sedang melemah hari ini setelah mencetak rekor tertinggi sejak Mei kemarin. Jika bertahan hingga penutupan, maka dapat menambah faktor bagi penurunan harga emas Antam.

Harga emas di pasar spot sedang melemah 0,41% menjadi US$ 1.420,85 per troy ounce dari posisi kemarin US$ 1.426,6 per troy ounce.

 



Sebagaimana diketahui, bahwa harga emas dunia menjadi salah satu faktor utama yang menjadi pertimbangan penetapan harga emas Antam dengan jeda sehari karena harga emas Antam diumumkan sekali pada pagi hari. 

Selain harga emas di pasar global, faktor lain yang mempengaruhi harga emas Antam adalah posisi dolar AS, kondisi rupiah di pasar valas, suku bunga acuan domestik, dan faktor-faktor domestik lain. 

Alhasil, dengan potensi penurunan harga emas tersebut, maka berinvestasi pada instrumen logam mulia murni akan mengalami penurunan portofolio besok.  


TIM RISET CNBC INDONESIA


(irv/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading