Perencanaan Keuangan

Miliuner: Jika Mau Kaya, Jangan Pakai Kartu Kredit

Investment - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
02 October 2018 18:50
Miliuner: Jika Mau Kaya, Jangan Pakai Kartu Kredit
Jakarta, CNBC Indonesia - Suka pakai kartu kredit untuk berbelanja? Jika iya, berarti Anda tidak mau hidup kaya. Miliuner Mark Cuban menyarankan bagi orang-orang yang ingin membangun kekayaan sebaiknya tidak lagi menggunakan kartu kredit.

"Potong kartu kredit Anda. Jika Anda masih menggunakan kartu kredit berarti Anda tidak mau menjadi kaya. Langkah untuk menjadi orang kaya adalah disiplin," jelas Mark Cuban seperti dilansir dari CNBC internasional.

Bintang 'Shark Tank' itu mengatakan kalau kartu kredit adalah investasi terburuk. Daripada membayar bunga dan berutang, lebih baik menanamkan uang tersebut ke pasar saham.


"Orang yang jenius akan bermain pasar saham. Tapi kalau pakai kartu kredit tidak akan bisa menanamkan uang di situ," katanya lagi.

Mark Cuban pun mengingatkan kalau perusahaan kartu kredit berusaha menarik minat Anda untuk menggunakan produk mereka. Padahal itu bukanlah uang Anda.

Sebagian besar kartu kredit mengharuskan pemakainya membayar 1% hingga 3% dari saldo Anda per bulan. Tanpa disadari, uang yang Anda bayar untuk bunga setiap bulan sangat banyak.

Meski demikian, pandangan Mark Cuban dianggap sedikit keliru karena tak selamanya kartu kredit menyesatkan. Terkadang kartu kredit bisa membantu Anda mendapatkan credit score yang akan menguntungkan.

Selain itu, kartu kredit juga dapat membantu melakukan pembelian besar di masa depan. Kartu kedit juga bisa digunakan ketika kondisi sedang darurat.
Miliuner: Jika Mau Kaya, Jangan Pakai Kartu KreditFoto: infografis/kartu kredit/edward ricardo



(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading